11 ILMU SIHIR “WALI WISESA”

by -154 Views
ILMU Sihir adalah Suatu cara pengendalian objek, alam, manusia dan kejadian tertentu bersumber dari ilmu pengetahuan dan agama.

Nama-nama ilmu sihir dalam ajaran agama Hindu tertuang dalam sastra Peparikan ”Wali Wisesa” yang memiliki aliran ilmu sihir baik untuk umat manusia.
Aliran ilmu sihir ini biasanya dipakai oleh para balian (dukun bali) dalam mengobati pasien yang terkena sihir jahat aliran hitam atau kiri.
ilmu Sihir Wali Wisesa
Berikut ini Beberapa Nama-Nama Imu Sihir Yang Beraliran Baik (Kanan):

1. Gringsing wayang, digunakan jika seseorang diduga terkena leak atau desti.
2. Jagul putih, digunakan untuk perangsang tenaga, pelenyap segala macam penyakit, pelebur segala macam nestapa.
3. Kidang cemeng, dipergunakan untuk mengusir leak dan segala pengaruh buruk dengan menggunakan sarana banten daksina.
4. Bhuta ireng, berfungsi sebagai penyucian diri dan sebagai pelebur penyebab sakit dan kotoran diri.
5. Bukuh tuha, juga digunakan untuk menyimpan tenaga dengan menggunakan sarana berupa daksina dan suci yang dilaksanakan dengan mengucapkan doa atau mantera baik yang diucapkan maupun tidak.
6. Campur talo, bermanfaat sebagai penyucian diri dan penjaga nyaa dengan menggunakan sarana berupa segehan putih, tumpeng putih, lauknya terdiri dari ayam putih, serta daksina selengkapnya.
7. Bhuta Saendah, digunakan sebagai sarana untuk memenuhi harapan pasien dengan menggunakan sarana berupa sesajen yang berisi daksina.
8. Banaspati, disebutkan sebagai penjaga diri sehingga orang terluput dari segala macam bahaya. Bagian ini merupakan sistem pengobatan yang sangat utama.
9. Bhuta wilis, berfungsi sebagai penyimpan tenaga sehingga pasien mencapai keselamatan.
10. Geni Murti, berguna sebagai penghangus segala macam bahaya, penyakit dan kekotoran diri.
11. Lokanantha, digunakan untuk menggempur leak, terangjana dan segala macam yang bersifat sakti dengan menggunakan nasi wong-wongan disertai daging babi yang telah diolah.
Masih banyak nama sihir yang beraliran kanan atau beraliran baik yang diungkapkan dalam buku peparikan wali wisesa dengan sarana bebanten yang digunakan para balian dan sarana tersebut seorang balian harus mengetahui di bagian mana organ tubuh pasien mengalami serangan sihir.

11 Ilmu sihir ini merupakan isi dari bhuana alit atau alam mikrokosmos alam semesta yang kita tempati ini sebagai manusia dan harus ada karena merupakan pembanding/lawan dari konsep Hindu yakni Rwa bhineda (ada jahat ada baik, ada kanan ada kiri dan seterusnya).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.