Asal Mula Juuk Manis Karangasem Bali

Lingkungan Juuk Manis Karangasem Bali - Dari Data Pencatatan Sipil (Capil) Kabupaten Karangasem nama Juuk manis memang benar merupakan Lingkungan dari Desa Karangasem.
jerman bali
Kenapa Juuk Manis belum merupakan desa?


Dalam pengertian desa itu sendiri, definisi umum begini, desa terdiri dari beberapa dusun, jadi bisa saja satu desa ada 2 dusun atau lebih.

Sehingga Juuk Manis merupakan Lingkungan dari Desa Karangasem.

Lebih tepatnya :


Desa Karangasem, Lingkungan Juuk Manis, Banjar Juuk Manis.

Para warga/penduduk asli dan domisili Juuk Manis yang belum paham seluk beluk nama Juuk Manis, ada juga yang menyebut nama Lingkungan Juuk Manis dengan sebutan; 

"Jerman", "Jeruk Manis", Juwuk Manis",

Ketiga sebutan nama tersebut sebagai istilah yang dangkal dalam filosofi seorang warga memaknai asal mula Juuk Manis yang notabene merupakan Lingkungan dari Desa Karangasem.


Penyebutan yang benar adalah Lingkugan "JUUK MANIS", Banjar Juuk Manis.


Juuk manis ada di dalam/daerah kota Amlapura, Karangasem, Bali, kurang lebih 1 kilometer sebelah barat daya dari pusat kota Amlapura, Karangasem (Desa dalam Kota).


Warga/Masyarakat Juuk Manis di bagi menjadi 2 kelompok kepercayaan/aliran agama yang berbeda yakni Agama Hindu dan Agama Muslim atau biasa disebut Juuk Manis Hindu dan Juuk Manis Muslim (Karang Sasak).

Masyarakat Juuk Manis yang beragama Hindu berdomisili dominan di sebelah utara,  dengan kawasan/luas tanah pemukiman hak milik warga mencapai 80%, sedangkan Warga Muslim Juuk manis hanya menempati sisanya (20%) di sebelah timur luas tanah yang ada di Lingkungan Juuk Manis.


Warga Juuk Manis Muslim merupakan warga yang memiliki lahan kurang lebih 1/4 luas total Daerah Lingkungan Juuk manis.

Sejarahnya, Lahan 1/4 daerah muslim ini merupakan hadiah pemberian Raja Karangasem dahulu, Sehingga Warga Asli Lingkungan Juuk Manis dahulu adalah mayoritas Hindu, tetapi kehidupan Muslim dan Hindu selalu akur rukun damai.

jerman
Ada dua sumber blog atau artikel yang akan saya bahas dalam hal ini, mengenai asal muasal dari nama Lingkungan Juuk Manis (Jerman) :

Pertama mengenai asal usul nama Lingkungan Juuk Manis versi blog ayu aprilia, Ayu Aprilia ini adalah anak yang berasal dari Lingkungan Juuk Manis Muslim dan menjelaskan nama Lingkungan Juuk Manis itu begini,

Nama dari seorang gadis cantik bernama Si Manis dan dinikahi oleh Raja karangasem, karena Si Manis mau kabur tidak mau menikah dengan sang Raja, lalu di tangkap atau versi bahasa Bali di "Juk" dan inilah kenapa di sebut Juuk manis, dan meninggalnya Si manis itu adalah nama dari Lingkungan ini. 

Versi Kedua menurut blog ayu aprilia kurang mendetail dan jelas yaitu tentang nama buah jeruk manis yang banyak di desa Juuk Manis. Dalam maksud yang arti sesungguhnya akan di jelaskan diartikel di bawah ini.



Meralat Kesimpulan Cerita Blog Ayu Aprilia:

1. Pertama Cerita dari Blog Ayu aprilia tidak memiliki sumber yang pasti, dan dari artikel yang di buat terlalu mengarang Juga fiksi.

2. Dari Logika cerita, apakah Si Manis ini adalah tokoh yang patut di jadikan pahlawan?, jika Si Manis adalah asal muasal nama Lingkungan Juuk Manis pastinya sebelum nama Lingkungan Juuk Manis Sudah memiliki nama Lingkungan/daerah sebelumnya.

3. Karangan artikel blog ayu aprilia tidak benar dan Versi cerita dari Web/blog Redsobek berikut ini mungkin bisa dijadikan sumber yang pasti karena sudah di review ke para tetua/ "penglingsir" Lingkungan Juuk Manis (tokoh agama) jaman dahulu/sejarahwan.

4. Versi Nama Buah Juuk Manis atau Juuk Bali banyak tumbuh di Lingkungan juuk manis kemungkinan bisa masuk akal tetapi kurang di jabarkan dengan baik oleh blog ayu aprilia.

Versi nama Juuk manis menurut "jinggo". Jinggo sendiri merupakan warga/ anak asli dari Lingkungan Juuk manis dan kemungkinan lebih banyak tahu silsilah dari nama Lingkungan juuk manis.

Versi dari jinggo dan review serta penelusuran admin tentang kebenaran asal muasal nama Lingkungan Juuk Manis dapat disimpulkan seperti berikut :


Kesimpulan Yang Sebenernya Dari REDSOBEK Mengenai Asal Muasal Lingkungan Juuk Manis Sebagai Berikut :

"Sebelum memilki nama pasti, daerah/Lingkungan juuk manis ini adalah lahan yang subur serta masyarakatnya ramah juga ditempati oleh beberapa kepala keluarga saja (kurang lebih 3-4 kepala keluarga) ada dua versi asal mula dari Nama Lingkungan Juuk Manis yakni :

Versi Nama Tanaman Jeruk : Dari beberapa orang yang sudah tua memberikan informasi jika ada beberapa tanaman buah jeruk tetapi bukan lahan/daerah penghasil jeruk, lalu Semenjak ditemukan oleh para petua atau penglingsir Lingkungan Juuk Manis ini, akhirnya Lingkungan ini diberi nama dengan juuk manis (dalam bahasa bali). Versi dari nama tanaman ini sangat mudah di patahkan (versi kurang valid) dan kurang memiliki sumber yang pasti.

Desa jerman

Versi Karakter Masyarakat : Kata Juuk Manis di bagi menjadi dua yakni : Juuk dan Manis, Juuk yang artinya menangkap dan Manis artinya senyum, sifat karakter masyakarat desa ini yang ramah, baik dan mudah bergaul (bersahabat). 

Apabila kedua kata Juuk dan Manis digabung memiliki arti "ngejuuk si manis" atau Juuk Manis (dalam versi Bahasa Bali), maksudnya adalah setiap orang luar atau pendatang masuk ke daerah atau lingkungan Juuk Manis, dan orang asing ini hanya menyapa atau berkata sedikit saja kepada Warga asli Juuk Manis, maka Warga Juuk Manis itu akan merasa senang serta gembira dan murah senyum. 

Oleh sebab itulah kenapa desa ini disebut juuk manis oleh para pendatang, dan versi tanaman/tumbuhan serta dari Karakter Masyarakatnya : bisa diperjelas kembali/dijabarkan seperti berikut ini :

Versi Tumbuhan yaitu nama Juuk Manis => Nama Tumbuhan Jeruk Manis (Juuk Manis)

Versi Karakter yaitu Juuk => Menangkap dan Manis => Senyuman

Jika Disimpulkan :

Orang-orang asing/warga luar yang pernah datang (pendatang) ke Lingkungan Juuk Manis ini dahulu pernah melihat banyak pohon jeruk manis yang rasanya manis-manis walau bukan Lingkungan penghasil jeruk, selain itu warga juga sangat ramah, baik dan bersahabat, Sehingga para pendatang atau pengunjung (tamu) dari orang-orang asing yang datang ke juuk manis ini menyebut daerah ini dengan nama daerah Juuk yang masyarakatnya manis/ramah dalam menyambut pendatang baru. Serta Nama dari JUUK MANIS merupakan gabungan dari dua Versi nama tanaman Juuk manis dan versi karakter masyarakat juuk manis yang ramah/murah senyum".

Catatan : Untuk kebenaran informasi dan Sumber artikel ini sudah resmi/valid dari berbagai informasi sejahrawan atau para petua (penglingsir) daerah setempat / Lingkungan Juuk Manis.

Jika ada warga Jerman (Lingkungan Juuk Manis) yang membaca Asal Usul Nama Lingkungan Juuk Manis (Jerman) Karangasem Bali ini dan ingin menambahkan, tolong segera hubungi kami melalui "Contact Us". Suksma.

2 Responses to "Asal Mula Juuk Manis Karangasem Bali"

  1. Inggih suksma infonyane ring paindikan desa juuk manis.. pokokne desa juuk manis sangat indah dan asri.. Bali oke punya.. hehe
    klik WM PROPERTI BALI untuk info tentang properti dan pemborong, pengawas proyek di Bali

    ReplyDelete
  2. Suksma admin, sudah memberikan saya pengetahuan mengenai keberagaman daerah Bali. Suatu kebanggaan untuk saudara saya diBali yang masih menyempatkan untuk berbagi informasi yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel