Penyebab Manusia Tidak Bisa Melihat Dewa (Tuhan) ?

Manusia Tidak Bisa Melihat Tuhan, Ida Sanghyang Widhi Wasa, Bhatara/Dewa atau Mahluk-Mahluk Kasat Mata (Roh/Hantu).

Kenapa Hal Tersebut Bisa Terjadi?

Konon manusia dahulu bisa melihat Dewa saat awal penciptaan manusia dan kisahnya seperti ini;

Dalam Babad Pasek Kayu Selem, saat penciptaan manusia diceritakan bahwa Dewa Wisnu dan Dewa Brahma bekerjasama (bertapa semadi) untuk menciptakan manusia.

Saat kedua Dewa tersebut bertapa, Dewa Yama yang diutus oleh Dewa Pasupati agar menggoda keteguhan tapa brata semedi tersebut dengan menjadi seekor anjing, lalu menggonggong disekitar pertapaan Dewa Wisnu dan Dewa Brahma.

Sehingga konsentrasi Dewa Brahma dan Dewa Wisnu pecah akibat godaan anjing tersebut. Tetapi pada bagian akhir tapa kedua Dewa Wisnu dan Dewa Brahma berhasil dengan baik.

Sehingga manusia pertama lahir dimuka bumi ini, tentunya otomatis manusia ini bisa melihat para Dewa-Dewa, dan saat manusia ini lahir sempat terjadi konflik antara manusia dengan para Dewa terutama Dewa Brahma ataupun Dewa Wisnu.

Menurut Babad Pasek Kayu Selem dijelaskan, Ketika salah satu Dewa turun ke dunia, manusia ini sedang buang air besar (BAB) di sungai/parit-parit kecil. 

Sambil buang air besar manusia ini dengan polosnya bertanya kepada para Dewa yang secara tidak sengaja melintas saat hari itu juga.

"Wahai Dewa, Engkau hendak pergi kemana?",
"Aku hanya ingin melihat-lihat keadaan alam", Jawab sang Dewa.

Yudhistira dan Anjing
Yudhistira dan Anjing
Bersamaan dengan itu, si Anjing melihat kejadian tersebut dan mengadu kepada kepada para Dewa lainnya. 

Dan atas aduan si Anjing tersebut manusia diberikan hukuman atas ketidakpantasan (tidak sopan) bertanya kepada para Dewa pada saat buang air besar.

Maka diolesilah mata manusia dengan pamor ( dahulu mata manusia itu adalah hitam), setelah di olesi pamor maka terlihat pada tengahnya saja yang berwarna hitam/biru/kecoklatan.

Makanya ada salah satu istilah Bali "Mecolek pamor".

Kisah ini berdasarkan mitos, pitutur nak tue dan berbagai referensi medsos yang dikembangkan sesuai dengan piteket untuk generasi Hindu Bali agar lebih mawas diri dalam bersikap dan bertutur kata yang baik sesuai dengan anggah ungguing ring base.

Baca Juga;

1 Response to "Penyebab Manusia Tidak Bisa Melihat Dewa (Tuhan) ?"

  1. Konten spesifik, manajemen konten rapi, tampilan cantik. Mantap, sukses terus.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel