Cara Melihat Tuhan Itu Ada Disini

BAGAIMANA WUJUD FISIK TUHAN?
Wujud Tuhan Hindu
ILUSTRASI TUHAN SEBAGAI MANIFESTASI KRISHNA (DEWA WISNU)

Om Swastyastu, Apabila informasi ini bermanfaat mohon di bagikan/share ke group/wall facebook atau media sosial lainnya.

Kita sebagai umat yang memuja Tuhan sangat ingin mendapatkan penampakan wujud Tuhan. Lantas, bagaimana cara bisa mendapatkan penampakan wujud Tuhan jika Tuhan itu tidak bersifat. 

Tuhan melampaui sifat saatvika (tenang), raajasika (aktif penuh nafsu), dan taamasika (malas dan lembam). Tetapi kita terikat oleh ketiga sifat ini. Jadi, bagaimana kita dapat menyadari Tuhan?

Jawaban :

Tuhan mempunyai dua aspek. Tuhan dapat dialami sebagai memiliki sifat, dan juga sebagai yang melampaui sifat. Terutama kita harus mengetahui satu hal ini. 

Tuhan ada di dalam sifat-sifat, tetapi sifat-sifat itu tidak ada di dalam Tuhan. Sifat-sifat itu tidak dapat berfungsi dan tidak dapat bekerja bila Tuhan tidak berada di dalamnya. 


Emas ada di dalam perhiasan. Namun, perhiasan tidak berada di dalam emas. Belanga dibuat dari tanah liat, tetapi tidak sebaliknya. Barang-barang perak seperti gelas atau piring, terbuat dari perak. Tetapi gelas dan piring itu tidak berada di dalam perak.

Contoh lain:

Engkau tahu bola lampu listrik memberikan penerangan, dan kipas angin berputar. Radio dan TV juga bekerja dengan listrik. Barang-barang itu adalah peralatan yang bekerja dengan listrik. 

Listriklah penyebab utama yang membuat semua perkakas ini berfungsi. Tetapi tidak ada satu pun dari perkakas ini yang berada di dalam listrik. 

Demikian pula, Tuhan ada dalam berbagai sifat. Tetapi sifat-sifat ini tidak ada di dalam Tuhan. Dengan demikian, kita dapat berkata bahwa Tuhan itu bersifat (saguna) dan bersamaan dengan itu, Tuhan juga tidak bersifat (nirguna).

Setiap manusia mempunyai tiga sifat: sattva, rajas, dan tamas. Tetapi, satu sifat yang menguasai kedua sifat lainnya akan menentukan pemikiran, perasaan, dan perbuatannya. 

Namun, jika kita tidak melampaui ketiga sifat ini, kita tidak dapat menghayati Tuhan dalam pengertian yang sebenarnya. 

Ini sebuah contoh. Bila kita ingin melihat tubuh sendiri, apa yang harus kita lakukan? 

Pertama-tama kita harus menanggalkan mantel, kemudian kemeja, dan akhirnya kita bahkan harus menanggalkan singlet yang kita kenakan agar dapat melihat tubuh kita sendiri, bukan? 

Demikian pula untuk melihat Tuhan, pertama-tama kita harus menanggalkan mantel sifat taamasika, kemeja sifat raajasika, dan singlet sifat saatvika.

Om Shanti Shanti Shanti Om
Sumber : JIHI Facebook

1 Response to "Cara Melihat Tuhan Itu Ada Disini"

  1. Luar biasa artikelnya. Tiap penganut agama memiliki cara masing-masing untuk meyakini dan melakukan ritual agamanya masing-masing--termasuk cara melihat Tuhannya.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel