Cara Membedakan Shortlink, Safelink dan Sitelink

Apa Perbedaan antara Shortlink, Safelink dan Sitelink?
Safelink Shortlink Sitelink
Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing lagi dengan shorlink, safelink, dan juga sitelink. 

Tapi pasti ada saja yang belum tau tentang perbedaan shorlink, safelink, dan sitelink . 

Istilah shorlink, safelink, dan sitelink sudah tidak asing lagi bagi beberapa kalangan blogger.  

Untuk shorlink dan safelink perbedaanya hanya pada cara kerjanya saja, sedangkan sitelink memiliki perbedaan tersendiri. 

Untuk mengetahui perbedaan dari keduanya, kita harus mengetahui terlebih dahulu secara rinci apa hal tersebut, apa fungsinya dan sebagainya. 

Maka, ada baiknya kita coba memahami dahulu pengertian dari masing – masing website, baik dari shorlink, safelink, dan sitelink. 

Berikut ini adalah ulasannya mengenai pengertian beserta perbedaan dari dua hal tersebut :
Shortlink
1.  Shortlink

Shorlink adalah sebuah layanan yang biasa digunakan blogger untuk memperpendek URL agar memudahkan pengguna untuk mengingat URL dari blog bersangkutan.  

Para blogger menggunakan shortlink ini tidak hanya memberikan fungsi memperpendek URL saja, tapi rupanya juga memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan uang. 

Ada banyak  yang menyediakan layanan shortlink atau istilahnya shorter URL seperti adf.ly, shorte.st, bit.ly dan lain sebagainya.

Dan minimal pencairan atau pat out (PO) setiap website shortlink berbeda – beda, ada hanya dengan minimal US$ 5 bahkan juga ada minimal US$ 100 barulah pengguna bisa melakukan pay out. 

Anda pun juga harus cermat dalam memilih layanan shortlink, seperti yang sudah terpercaya dan terbukti membayar penggunanya. 

Karena banyak layanan shortlink juga tidak memberikan tampilan pendataan yang transparan, sehingga hal itu akan sangat merugikan pengguna.

Perlu diketahui bahwa cara kerja shortlink tidak terlalu susah dipahami, Pertama pengguna harus memiliki URL asli dari blog yang mau diperpendek, misalnya :

·  Kemudian pengguna memilih salah satu website shortlink, misalkan saja Adf.ly
·  Maka setelah menggunakan Adf.ly dan pengguna berhasil memperpendek link asli tadi, maka jelas link baru akan menjadi lebih pendek, seperti ini :
·  Link sudah diperpendek : adf.ly/2345 (hanya contoh)

Keuntungan Menggunakan Shortlink  :
·         Membuat URL menjadi lebih pendek
·         Memudahkan pengguna menginat URL
·         Mendapat penghasilan tambahan

Kerugian Menggunakan Shortlink :
·         Beberapa blogger berpendapat bahwa akses URL menjadi lambat saat diklik. Hal itu dikarenakan pengunjung akan mengakses situs shortlink terlebih dahulu, baru kemudian dialihkan ke link yang asli.

Dengan  URL yang lebih pendek tentu saja membuat pengguna lebih ingat dan pmempermudah dalam pengetikannya. Perlu diketahui bahwa ketika pengunjung mengunjungi link asli atau link yang sudah diperpendek, maka mereka akan dialihkan kesuatu laman web yang sama. 

Intinya tidak ada tuhuan lain dari shortlink selain memperpendek URL yang pastinya untuk mempermudah pengguna maupun pengunjung dalam mengingat.

Tips Berikut Ramai Orang Perbicangkan:

*  Cara Membuat Akun Overlite / Overload Terbaru 2019
Safelink
2. Safelink

Safelink adalah sebuah website unutk mendirect dari situs awal dan akan masuk ke situs website yang dituju. Kebanyakan blogger menggunakan safelink ketimbang shorlink. 

Alasanya karena dengan safelink kita tidak perlu lagi untuk men-generate setiap URL baru yang ada di blog. Sementara dengan shorliink kita harus men-generate URL satu per satu secara manual. Dan itulah mengapa para blogger memilih untuk menggunakan safelink.

Adapun cara kerjanya, kita tidak harus menginput URL kesafelink bersangkutan, tapi cukup memasang sekali script yang ditaruh di widget maka secara otomatis setiap URL baru akan termuat dalam safelink. 

Dalam mpengaksesannya sendiri, tidak perlu membuka link yang diperpendek seperti shorlink, namun cukup menggunakan link asli. Meskipun menggunakan link asli, nantinya pengunjung blog akan masuk ke safelink barulah dialihkan ke laman yang dituju.

Keuntungan Menggunakan Safelink :
Walaupun tidak dibayar, namun safelink memungkinkan penggunanya untuk memasang iklan adsense disitus tersebut. 

Yang artinya jika website atau blog sudah menggunakan adsense , maka situs safelink pun dapat dipasang iklan yang sama. Secara tidak langsung anda akan mendapatkan penghasilan dua kali lipat dari adsense.

Kerugian Menggunakan Safelink :
Menggunakan safelink ini tentu tidak gratis, karena anda akan  membayar untuk biaya hosting, dmain. Menggunakan safelink juga dipercayai rawan banned Google Adsense.
Sitelink
Contoh: Sitelink
3. Sitelink

Google sitelink adalah sebuah kumpulan link yang otomatis muncul yang sudah dirangkum oleh google. Dan tentunya, tidak semua website memiliki Google seitelink. Tidak mudah menampilkan sitelink, karena prosesnya bertahap. 

Bagi pemilik kata kunci (keyword) yang mencapai tingkat pertama di google kemungkinan besar akan mendapatkan sitelink google.

Google akan memberikan sitelink kepada sebuah website atau blog yang bermanfaat bagi pengguna lainnya. Jumlah sitelink pun tidak teratur , bisa 3, 4, 5 dan seterusnya. Dan memang google tidak memberikan jenis website atau blog yan gharus digunakan untuk mendapatkan Sitelink.

Manfaat sitelink google :
·         Tentunya memiliki pertambahan jumlah pengunjung
·         Blog atau website dianggap lebih kompeten
·         Merupakan sebuah penghargaan dari google
·         Google akan lebih mengetahui blog anda

Jika Anda memiliki sebuah website atau blog yang belum memiliki sitelink. Silahkan dicoba tips – tips berikut ini :

a.      Submit Sitemap di Google Web Master

Manfaat dari submit ini adalah jika kita sudah memuat sebuah blog dan akan di post, dengan seketika Google Web Master akan menjadikan blog tersebut tersedia di mesin pencari. Sangat berguna bukan ? Jadi, silahkan gunakan Submit Sitemap agar blog mempunyai Sitelink Goole.

b.      Menggunakan Template SEO Friendly

Tempale merupakan hala yang berpengaruh di sebuah SEO. Penggunaa template juga bisa berpengaruh ke pada si pembaca dan membuat lebih nyaman. Karena selain menu dan artikel yang sedang dibahas , pembaca akan terus membuka blog yang dibuat.

c.       BuatKonten Original

Jika menulis di sebuah blog, diusahakan untuk membuatnya sendiri dilarang keras copy paste. Artikell yang di copy dari penulis lain tidak boleh 100% dijiplak. Hanya boleh diubah menjadi kata-kata sendiri dan diingat.

d.      Cek Blog di Google Snippets

Fungsinya adalah untuk mengetahui apakah ada konten yang error. Jika da maka wajib untuk diperbaiki terlebih dahulu, apabila tidak ada yang error maka up-date lagi dengan konten yang baru.

Itulah tadi perbedaan diantara shorlink, safeling, dan sitelink, namun untuk shorlink dan safelink memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, anda bisa memlih salah satu pilihan baik itu, shorlink ataupun safelink. Namun jika ingin ber sabar anda bisa memilih untuk menggunakan Sitelink karena prosesnya bertahap.

2 Responses to "Cara Membedakan Shortlink, Safelink dan Sitelink"

  1. Lebih paham dan baru mengerti apa itu Shortlink Safelink dan Sitelink, perbedaan yang sangat mencolok, terima kasih min untuk informasi yang sudah diberikan. Salam blogger

    ReplyDelete
  2. Ternyata safelink rawan banned GA ya min.
    Bru tau min👍👍 infonya mantap

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel