7 Cara Mempercepat Loading Blog Terbaru

Perlu anda ketahui apabila kecepatan loading blog merupakan faktor yang mampu mempengaruhi posisi halaman anda menjadi lebih baik pada hasil pencarian Google. 

Kesalahan utama disini banyak dilakukan oleh blogger pemula sebab ia lebih memementingkan tampilan blognya dibandingkan prioritas keringanan atau loading suatu blog. 
7 Cara Mempercepat Loading Blog Terbaru

Mereka lebih memilih mendesain blog atau website, namun sayangnya ketika mendesain tampilan atau theme blog mereka memasang tema yang memiliki kapasitas besar sehingga hal ini akan berpengaruh pada loading atau kecepatan blog tersebut. 

Selain itu banyak pula faktor – faktor lain yang dapat menyebabkan loading blog menjadi berat. 

Jadi disini saya akan membahas cara mempercepat loading blog atau website.

1. Gunakanlah Sumber Gambar Dari Google

Sebetulnya anda bisa saja mengambil gambar dari manapun. 

Namun sayangnya gambar yang anda ambil ini akan melink langsung dalam situs penyedia layanan gambar atau situs-situs yang lain selain Google. 

Ketika blog anda dalam status loading maka blog anda secara tidak langsung akan melakukan komunikasi dengan situs-situs dimana sumber gambar tersebut anda ambil.

2. Hindarilah Penggunaan Konten Yang Tidak Diperlukan

Saya sarankan atau anda dapat menghindari hal – hal di bawah ini :

Auto play music
Video atau auto play video
Gambar bergerak atau yang biasa di sebut dengan animasi GIF
Widget yang dirasa tidak penting seperti halnya badge, visitor atau semacamnya.

Jangan menggunakan banyak plugin jika memang tidak benar – benar di perlukan serta pilihlah tema yang ringan.

3. Gunakan Hosting Yang Khusus Untuk Kecepatan Website

Anda dapat menggunakan hosting yang lebih baik demi mengatasi masalah kecepatan website, maka anda dapat menggunakan hosting khusus berbayar yang secara khusus dirancang untuk mempercepat loading website anda.

4. Memperkecil Ukuran Gambar Atau Image

Anda dapat mempercepat blog dengan mengkompres ukuran gambar. Images merupakan ikon yang sangat kental dengan postingan artikel yang secara umum dapat digunakan untuk menggambarkan isi uraian dari sebuah artikel bersangkutan. 

Namun gambar menjadi salah satu peyebab mengapa blog anda loadingnya menjadi lama. 

Jika anda mengupload ukuran gambar yang besar size di atas 300kb jelaslah jika web atau blog menjadi lama loadingnya. 

Maka saya sarankan anda untuk memposting gambar yang memiliki ukuran di bawah 15kb. Anda dapat mengunjungi tools yang dapat digunakan untuk mengkompresor gambar salah satunya ialah tinypng.com

5. Tampilkan 5 Atau 4 Postingan Pada Halaman Utama Blog Anda

Pada halaman utama blog saya sarnkan anda tidak memasang postingan yang jumlahnya lebih dari 5 artikel. Sebab semakin banyak artikel yang anda tampilkan maka akan semakin lambat loading blog anda. 

Saran saya tampilkan 5 atau 4 postingan terbaik saja di halam utama blog atau web anda.

6. Batasi Penayangan Iklan

Jika blog anda memang bertujuan untuk monetisasi maka sebaiknya anda jangan terlalu banyak untuk memasang iklan, sebab semakin banyak iklan yang anda pasang loading halaman blog akan semakin lama.

7. Pilih Widget Eksternal Tanpa Gambar

Jika blog anda memang terpaksa untuk memasang widget dari luar. Seperti widget layanan trafik, widget social atau widget-widget yang memiliki jenis lain. 

Maka hindarilah widget yang memiliki gambar. Namun pilihlah widget yang hanya menggunakan text untuk tampilannya namun tetap informatif.

Demikian artikel tentang 7 Cara Mempercepat Loading Blog Terbaru, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

10 Responses to "7 Cara Mempercepat Loading Blog Terbaru"

  1. bener semua tuh, pengalaman pribadi saat awal awal nyoba untuk nge blog. eh masang banyak widget tuh mulai jam, popup, chatbox, dll masuk semua di home page hhehe. ya alhasil sangat berat dan dulu terlihat bagus. Setelah mendalami ternyata blog banyak widget dan javascript kurang bagus hehe.
    Nice share bli

    ReplyDelete
  2. Mantep gan..tambah wawasan lagi tentang dunia blogging. Kadang sebel juga kalo pas buka web ternyta berat/lemot dikarenakan iklan yg terlalu banyak

    ReplyDelete
  3. bermanfaat banget nih... dan juga sangat fast nih blog agan... mantap pokonya

    ReplyDelete
  4. Dari semua yang ada, udah ane lakuin di blog sy

    ReplyDelete
  5. Hadir, menyimak infonya yg bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. saran no.1
    apabila menggunakan sumber dari google usahakan simpan di server / hosting sendiri, karena kita tidak tahu kpn gambar tersebut tidak tersedia lagi. sehingga menyebabkan kode 404 / not image available lagi
    bukan rahasia umum google selalu memperbaiki tingkat seo gambar tersebut.

    ReplyDelete
  7. untuk point nomer 6 , berapa iklan sebaiknya ditampilkan gan . saya pasang iklan dibawah judul sama tengah" artikel apa tidak mempengaruhi ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penayangan Iklan seperti iklan adsense, idealnya adalah setiap 150 pageviews diwajibkan ada 1 iklan, jika PV anda diatas 150PV maka bs dihitung sendiri, misalnya perhari PV adalah 500-1000, ideal 3-4 iklan tidak masalah.

      Delete
  8. cocok langsung sy terapin hasilnya lumayan :)
    ~situsnesia com~

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel