Sang Jogor Manik Penguasa Tegal Penangsaran

Seperti yang sudah pernah dipublish pada salah satu konten Redsobek tentang atman manusia, Kemana Atman manusia setelah mati/meninggal, tentunya pada akhirnya akan bertemu dengan sang penguasa alam Tegal Penangsaran yakni Sang Jogor Manik.

Sang Jogormanik ini merupakan Bhatara atau Dewa dalam prabawa-Nya untuk mengadili para atma yang sudah meniggalkan jasad dari dunia fana ini.

Disebutkan Sang Jogormanik ini berstana/bertempat tinggal di Tegal Penangsaran sebagai bagian dari Tri Mandala Pura Besakih.

Sang Jogor Manik
Sang Jogor Manik, Pic: Sekar Beji Asri

Bila Atma mencapai Neraka, maka nerakanya berupa asap dan disambut oleh Jogormanik (Ida Bathara Jogor Manik) serta para wil sebagaimana disebutkan dalam sorga dan neraka dalam upacara ngaben.

Dalam kutipan perjalanan spritual Bhima, yang memberi pengalaman bathin tentang pelaksanaan bagi para atma setelah lepas ke alam niskala, sesuai karma perbuatan yang dilakukan saat menghuni raga manusia di mayapada dalam cerita rakyat Bali, "Bhima Swarga".

Disebutkan pula bahwa Sang Jogor Manik sedang berhadapan dengan atma aniti krama, atma yang semasa hidupnya sangat tidak ramah tamah dan selalu  membanding-bandingkan tamu yang datang kepadanya.

Dalam kelahiran manusia juga disebutkan jika Sang Jogor Manik termasuk dari salah satu saudara sewaktu lahir, yakni dari empat saudara menusia yang disebut KANDAPAT atau Catur Sanak .

Kandapat-catur sanak

Sebagaimana juga disebutkan dalam sumber kutipan Puri Agung Dharma Giri Utama - Ida Bhatara Jogor Manik - Pengabih Dalem,

Ida Bhatara Jogor Manik bertugas untuk mencatat kapan waktu kematian seseorang di muka bumi ini.

Dalam melaksanakan tatanan kewenangannya, Ida mempunyai empat pengawal yang akan bertugas menjemput dan mengantar roh-roh manusia. 

Sang Jogor manik sangat hebat bisa mengetahui semua yang dilakukan oleh mahluk hidup dan akan selalu menjadi monitoring abadi secara niskala.

Mengetahui perbuatan manusia yang dilakukan semasa hidupnya di bumi ini dan apabila manusia melakukan perbuatan yang sangat kejam melebihi kejamnya para bebutan (bhuta kala) yang dikuasai oleh Bhatara Ratu Gede Mas Mecaling maka roh/atman manusia yang dari pura Dalem Puri besakih akan langsung diantar ke Pura Dalem Kerangkeng untuk menjalani karma wasananya.

Apabila atman atau roh yang sudah berada di Pura Dalem Kerangkeng, dikatakan atman tersebut akan sulit sekali untuk bereinkarnasi atau lahir kembali kedunia untuk memperbaiki diri.

Maka dari itu hendaknya umat manusia selalu diharapkan bisa mengendalikan sad ripu (enam musuh dalam diri manusia) masing-masing agar terhidar dari siksa dari penguasa Sang Jogor Manik.

0 Response to "Sang Jogor Manik Penguasa Tegal Penangsaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel