Cara Membedakan Tulasi dan Kemangi

Pohon Tulasi mirip sekali dengan pohon kemangi, TETAPI banya sekali perbedaan yang wajib kalian ketahui bagi penggemar tanaman dan tumbuh-tumbuhan.

Tulasi bernama latin Ocimum tenuiflorum, banyak yang menyebutnya dengan nama sulasih atau sulasi.

Cara Membedakan Tulasi dan Kemangi1

Perbedaan Kemangi dan Tulasi:

Apa bila dimakan daun selasih terasa agak manis sedangkan daun kemangi terasa seperti ada rasa mint/fresh nya.


Aroma daun tulasi seperti aroma rumput atau daun segar sedangkan aroma daun kemangi seperti aroma limau.

Bunga dari daun tulasi berwarna agak cokelat kehitaman sedangkan bunga dari daun kemangi berwarna putih.

Kemangi mengandung bahan-bahan kimia dan minyak atsiri dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan tulasi.

Tulasi biasanya lebih sering digunakan dalam ritual upacara-upacara keagamaan sedangkan kemangi biasanya dipakai sebagai lalapan yang bisa langsung dimakan.
VIDEO PERBEDAAN TULASI DAN KEMANGI

Cara Membedakan Tulasi dan Kemangi

POHON TULASI UNTUK UPAKARA AGAMA HINDU:

Menurut Veda Devī Purāṇa (Skanda ke-9), Tulasi adalah lambang perwujudan dari Lakṣmī atau dewi Śrī, yaitu Śakti dari Tuhan Yang Maha Esa. Memakai unsur Tulasi melambangkan seorang bhakta Tuhan. Veda Padma Purāṇa (Bagian Patalakanda) Śiva memberikan uraian kebesaran Tulasi kepada Nārada :

• Jika seseorang memakai Tulasi ditubuhnya maka ia akan bebas dari maut kematian secara tiba-tiba, karena para Yamadūta (asisten Yama, dewa kematian) tidak berani datang ke tempat seseorang yang memakai unsur Tulasi. Daun, bunga, akar, kulit kayu, cabang, batang pohon dan bayangan pohon Tulasi, semuanya bersifat spiritual.

• Jika saat ajal tiba, seseorang yang memakai tulasi akan segera mencapai dunia spritual, karena Yamadūta takut dengan cahaya cemerlang Tulasi.

• Disaat pembakaran jenazah dengan bahan bakar kayu Tulasi, bahkan dengan sepotong kecil kayu Tulasi dimasukkan ke dalam api, maka roh orang itu akan mencapai dunia spiritual, karena dengan sentuhan Tulasi semua kayu lainnya dimurnikan, meskipun semasa hidupnya tingkah laku orang itu paling jahat di antara semua penjahat, dan bagi orang yang menyalakan api pembakaran tersebut, di bebaskan dari segala reaksi dosa.

• Ketika para utusan Tuhan melihat nyala api dari kayu Tulasi itu, mereka segera datang dan membawa sang roh dari tubuh yang telah dibakar menuju dunia spiritual, dan pasukan Yamadūta tidak berani datang ketempat pembakaran.

• Japa Mala Tulasi ini dapat difungsikan untuk berjapa:

1. Mahāmańtra Hare Kṛṣṇa 
2. Gāyatrī mańtram
3. Om Namo Bhagavate Vāsudevāya 
4. Om Namo Nārāyaṇaya

Artikel Cara Membedakan Tulasi dan Kemangi ini bermanfaat untuk para penggemar tanaman dan tumbuhan yang di dasari oleh kereligiusan sang pambaca. Svaha!

Source: Media Tampaksiring dan Hindu Bali

0 Response to "Cara Membedakan Tulasi dan Kemangi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel