Hubungan Antara Akun Nominal Dengan Modal


Definisi Akun Nominal dan Modal

akun modal

Akun-akun nominal adalah akun-akun yang digunakan untuk mencatat sumber-sumber pendapatan dalam beban yang trejadi dalam memperoleh pendapatan tersebut. Dalam pembahasan ini akan dijelaskan bahwa apabila pendapatan lebih besar daripada beban, maka perusahaan memperoleh labab, dan hal ini akan menyebabkan modal menjadi bertambah.

Akan tetapi jika beban lebih besar, maka perusahaan menderita rugi dan modal perusahaan menjadi berkurang. Dengan lain perkataan,  pendapatan cenderung untuk mendambah modal, dan beban cenderung untuk menguragi modal.

Atas dasar hal inilah maka seperti halnya akaun modal, setiap pertambahan modal dicatat di sebelah kredit dan pengurangan atas pendapatan dicatat disebelah debet.

Sebagai contoh, apabila perusahaan Revarasi Televisi "Cepat" memperoleh pendapatan sebagai hasil dari pekerjaan reparasi yang telah diselesaikannya sebesar Rp 50.000,00. Cara pencatatan pendapatan reparasi akan bertambah Rp 50.000,00 dan akun pendapatan yang disebut pendapatan reparasi akan bertambah Rp 50.000,00. 

Cara pencatatan akun-akun ini di buku besar adalah: Akun Kas Didebet Rp 50.000,00 dan Akun Pendapatan Reparasi Dikredit Rp 50.000,00. Dalam buku besar, kedua akun tersebut akan nampak sebagai berikut:

kredit

Beban menyebabkan modal berkurang. Oleh karena, itu beban yang (timbul atau bertambah) di catat disebelah debet sedangkan pengurangan beban dicatat pada sisi sebaliknya yaitu disebelah  kredit. 

Misalkan, pada perusahaan membeli beberapa alat - alat menulis untuk kebutuhan kantor dengan harga Rp.25.000. Transaksi ini mengakibatkan timbulnya beban kantor dan di lain phak mengurangi aset kas. Oleh karena itu transaksi ini dalam buku besar dicacat dengan mendebet Beban Kantor, dan mengkredit Kas. Akun Beban Kantor dan akun Kas akan nampak sebgai berikut:

debet

Akun Prive

Pemilik perusahaan perseorangan atau sekutu-sekutu dari suatupersekutuan, Biasanya secara periodik mengambul uang atau barang dangan dari perusahaannya untuk keperluan pribadi. Pengambilan barang atau uang semacam ini disebut pengambilan prive.

Pengambilan prive menyebabkan modal pemilik berkurang. Oleh karena itu pengambilan prive dapat dicatat dengan mendebet akun Modal. Namun demikian pada umumnya perusahaan menyelenggarakan suatu akun khusus yang disebut akun prive.

Pendebetan atas akun prive sama artinya dengan mengurangi modal, dalam hal ini akun prive seolah-olah sama dengan akun beban. Akan tetapi antara Prive dan Beban terdapat perbedaan yang mendasar, sebab prive bukan merupakan elemen beban yang mengurangi pendapatan.

Prive biasanya merupakan pengambilan kas atau barang lain yang dilakukan oleh pemilik sebagai pengambilan bagian keuntungan perusahaan.

0 Response to "Hubungan Antara Akun Nominal Dengan Modal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel