PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI


PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI 

Pancasila adalah Ideologi yang harus ditanamkan dengan cara doktrin yang disesuaikan dengan strata pendidikan. Selain ditanamkan dengan cara doktrin, harus dipikirkan pula bagaimana pancasila tersebut untuk mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, di tengah-tengah masyarakat. 

Artinya sila-sila yang ada di dalam pancasila tersebut harus diajarkan dan dipahami oleh seluruh rakyat indonesia sejak usia dini. Seperti cara bertoleransi dalam beragama, berinteraksi dengan manusia, menunjukkan cara berbangsa, cara berdemokrasi dan cara mencapai keadilan bagi seluruh rakyat indonesia.

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI

Baca Juga Artikel Terbaru :

PANCASILA SEBAGAI DOKTRIN

Istilah doktrin biasanya berhubungan dengan dua hal: Pertama, sebagai penegas suatu kebenaran (a truth), dan ke dua, berkaitan dengan ajaran (teaching). 

Keduanya tidak dapat dipisahkan sebab menegaskan kebenaran adalah memulai ajaran, sedangkan yang diajarkan biasanya berkaitan dengan kebenaran. Dengan demikian, doktrin berisi ajaran kebenarn yang sudah memiliki “balutan” filosofi.

Ciri-ciri Pancasila sebagai doktrin:
  1. Sebagai bentuk atau perwujudan dari ideologi.
  2. Sebagai ajaran tau paham (isme).
  3. Merupakan himpunan prinsip-prinsip atau teori yang dianjurkan dan diterima sebagai suatu kebenaran untuk dipergunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan dan usaha untuk mencapai tujuan bersama.
Doktrin dalam pembukaan yakni :
  • Motivasi atau dorongan: Kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa.
  • Cita-cita bangsa indonesia: Kemerdekaan, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
  • Petunjuk dan tekad: Melaksanakan, penyelenggaraan, pemerintahan negara.
  • Tujuan negara: salah satu tujuan negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsanya.

Artikel tentang Pancasila Sebagai Ideologi ini merupakan tugas wajib bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas mata kuliah Pancasila pada semester pertama Universitas Hindu Indonesia dengan maksud agar para mahasiswa bisa berideologi pancasila dalam menentukan arah generasi bangsa Indonesia.

0 Response to "PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel