Pengertian Agama Menurut Lontar Sundarigama


Lontar Sundarigama Menjelaskan Agama

Agama merupakan keyakinan, kebenaran, pedoman. 

Agama terdiri dari dua suku kata, yaitu:

 A dan Gama. 

A adalah tidak

Gama adalah pergi

Jadi, agama adalah sesuatu yang tidak akan pernah pergi, karena agama itu fleksibel.

agama

Dalam lontar Sundarigama dapat dijelaskan, ada tiga hal tentang hakekat hidup manusia, yakni Agama, Ugama dan Igama.

1. Pengertian Agama

A    : awang-awang kosong

GA : genah/tempat

MA : matanai/matahari, terang/cahaya

Dalam hal ini agama dimaksud atau disamakan sebagai ambek, yaitu suatu pelajaran yang menguraikan peraturan-peraturan dan cara pelaksanakaan tata susila.

Sehingga hati manusia yang mula-mula kosong dan selalu diselimuti oleh kabut maya akan menjadi terang benderang, karena pancaran cahaya suci dari Idha Ssang Hyang Widhi Wasa.


2. Pengertian Ugama

U    : Undaka, tirta, air suci

GA : Gni, api

MA : Maruta, angin, udara

Disini ugama disamakan dengan ulah, yaitu suatu pelajaran tentang upakara atau tata cara yang harus diperhatikan dan dilaksanakan dengan alat-alat atau sarana berupa: Tirta, api, (dupa,majan), wangi-wangian, matra kidung, gamelan, (media udara), tujuannya untuk membersihkan dosa agar membantu pencapaian tujuan akhir, yakni Moksa.


3. Pengertian Igama

I     : Iswara, siwa

GA : Aangga, badan, jasmani

MA : Amertha, hidup

Berdasarkan dari pengertian ini igama diartikan sebagai idep, ialah merupakan suatu pelajaran yang mengajarkan tentang ilmu batain (ilmu kebenaran), tentang tatwa (filsafal ketuhanan), sehingga dengan demikian manusia menjadi mengerti tentang hakikat hidup ini dan tentang adanya tuhan Yang Maha Esa dengan segala manifestasinya.



Materi ini dijabarkan oleh Redsobek sebagai referensi untuk para mahasiswa melengkapi tugas harian materi pembelajaran mata kulian Pendidikan Agama Hindu dan semoga bermanfaat untuk para mahasiswa. Tidak luput apabila anda mengcopy informasi ini setidaknya jangan lupa untuk menyertakan sumbernya yakni @Redsobek.com

0 Response to "Pengertian Agama Menurut Lontar Sundarigama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel