Tujuan Ilmu Ekonomi dan Pengertian Barang & Jasa


Pengantar Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro (sering juga ditulis mikroekonomi) adalah cabang dari ilmu ekonomiyang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan hargaharga pasar dankuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. 

Ekonomi Mikro
Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran danpermintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, padagilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya. 

Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal, bersama-sama individu lainnyadi pasar, akan membentuk suatu keseimbangan dalam skala makro; dengan asumsi bahwasemua hal lain tetap sama (ceteris paribus).

Kebalikan dari ekonomi mikro ialah ekonomi makro, yang membahas aktivitas ekonomisecara keseluruhan, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran,berbagai kebijakan perekonomian yang berhubungan, serta dampak atas beragam tindakanpemerintah (misalnya perubahan tingkat pajak) terhadap hal-hal tersebut

jadi pengertian dari ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang khusus mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjual-belikan.

Ekonomi mikro atau mikro ekonomi secara langsung berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dalam hal penawaran dan permintaan barang atau jasa. 

Sehingga dari definisi ekonomi mikro tersebut memiliki tujuan utama bagi perusahaan yakni untuk menganalisis pasar dan bagaimana mekanismenya untuk membentuk harga relatif produk dan jasa.


Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi
  1. Dapat memperbaiki cara berpikir
  2. Membantu memahami masyarakat
  3. Membantu memahami masalah global
  4. Membangun masyarakat demokrasi

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi
  1. Teori ekonomi mikro berinteraksi di pasar barang
  2. Tingkah laku pembeli dan penjualan
  3. Interaksi didasar faktor produksi

Teori Ekonomi Mikro
  1. Penentuan tingkat kegiatan perekonomian negara
  2. Pengeluaran agregat
  3. Mengatasi pengangguran dan inflasi

Metodelogi Ilmu Ekonomi

Merupakan daya guna dan vadilitas sebuah teori diukur dari kemampuan dan kekurangannya menjelaskan serta memprediksi gejala-gejala yang diamati


Model Ekonomi
  1. Pendapatan rumah tangga, yaitu Upah/gajih, bunga, sewa divenden
  2. Faktor produksi rumaha tangga, yaitu tenaga kerja, modal, tanah, dan kewirausahaan
  3. Output perusahaan, yaitu barang dan jasa
  4. Pendapatan perusahaan, yaitu konsumsi rumah tangga

Pengertian barang dan jasa
  • Definisi dari barang merupakan benda-benda yang berwujud yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau untuk menghasilkkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat.
  • Jasa merupakan sesuatu yang tidak dapat digolongkan sebagai sutau barang, karena tidak berwujud tetapi dapat memberikan kepuasan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Demikianlah kenapa kita mempelajari Tujuan Ilmu Ekonomi serta Pengertian Barang dan Jasa agar para pelajar paham betapa bermanfaatnya ilmu ekonomi tersebut yang bisa anda terapkan pada kehidupan sehari-hari.

0 Response to "Tujuan Ilmu Ekonomi dan Pengertian Barang & Jasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel