Aplikasi Integral Dalam Ekonomi


Aplikasi Integral Dalam Ekonomi

Aplikasi integral dalam ekonomi dan bisnis, yaitu mencari fungsi asal dari fungsi marginalnya (Fungsi turunannya). Mencari fungsi penerimaan total dari fungsi peneriamaan marginal, fungsi biaya total dari fungsi biaya marginal.

Aplikasi Integral Dalam EkonomiMencari fungsi konsumsi dari fungsi konsumsi marginal, fungsi tabungan dari fungsi tabungan marginal dan fungsi kavitas dari fungsi investasi. Penentuan fungsi asal dari fungsi marginalnya merupakan aplikasi integral tak tentu dalam ekonomi dan bisnis.

Aplikasi Integral Tak Tentu Dalam Ekonomi

Pada umumnya aplikasi disini berkaitan dengan mencari atau menentukan fungsi-fungsi ekonomi yang merupakan fungsi primitif (fungsi asal) dari fungsi marginalnya. Mencari fungsi penerimaan total dari fungsi penerimaan marginal, fungsi biaya total dari fungsi biaya marginal, fungsi konsumsi dari fungsi konsumsi marginal, fungsi tabungan dari fungsi tabungan marginal serta fungsi kapital dan fungsi investasi.

Fungsi Penerimaan Total (R)
  Fungsi penerimaan total merupakan integral dari penerimaan marginalnya, dan sebaliknya penerimaan marginal merupakan turunan pertama dari fungsi penerimaan total.
      
    R = ∫ MR dQ

Fungsi Biaya Total (C)
  Fungsi biaya total merupakan integral dari biaya marginalnya, dan sebaliknya biaya marginal merupakan turunan pertama dari fungsi biaya total.
         
 C =  ∫ MC dQ

Fungsi Konsumsi (C)
  Fungsi konsumsi merupakan Integral dari konsumsi marginalnya (MPC), dan sebaliknya konsumsi marginal merupakan turunan pertama dari fungsi konsumsi.
        
C = ∫ MPC dY


Fungsi Tabungan (S)
  Fungsi tabungan merupakan integral dari tabungan marginalnya (MPS), dan sebaliknya tabungan marginalnya merupakan turunan pertama dari fungsi tabungan.
      
S =  ∫ MPS dY


Fungsi Pembentukan Modal (K)
  Fungsi (pembentukan) modal atau fungsi (pembentukan) kapital merupakan Integral dari (aliran) investasi bersih (I) dan sebaliknya investasi bersih merupakan turunan pertama dari fungsi kapital.
       
Kt =  ∫ I(t)dt


   Agar lebih jelas bagaimana fungsi asal dapat didapat melalui integrasi fungsi marginalnya, di bawah ini diberikan beberapa contoh. Untuk dapat membedakan konsumsi (C) biaya total (C) dengan tetapan/konstanta integrasi (C), khusus dalam integrasi biaya marginal dan konsumsi marginal, maka tetapan integrasi disimbolkan dengan K.

    Contoh 

    Biaya marginal ditunjukkan oleh MC = 150 − 80Q + 10Q. Biaya tetapnya adalah 134. Carilah fungsi biaya totalnya, fungsi biaya rata-rata dan fungsi biaya variabelnya.

    Penyelesaian

    KK
    RR


    Semoga materi Aplikasi Integral Dalam Ekonomi ini bermanfaat untuk para mahasiswa yang sedang menambah referensi Matematika Ekonomi dan bisa di implementasikan pada kehidupan sehari-hari.

    1 Response to "Aplikasi Integral Dalam Ekonomi"

    Iklan Atas Artikel

    OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
    OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

    Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

    OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel