Tujuan, Manfaat, Fungsi Rasio Likuiditas dan Metode Dalam Menganalisa Laporan Keuangan

Tujuan & Manfaat Rasio Likuiditas

Menurut Kasmir 2010:132 Tujuan dan Manfaat yang dapat dipetik dari hasil rasio likuiditas adalah sebagai berikut:
Tujuan, Manfaat, Fungsi Rasio Likuiditas dan Metode Dalam Menganalisa Laporan Keuangan
  • Untuk mengukur kemampuan perusahaan membayar kewajiban atau utang yang segera jatuh tempo pada saat ditagih. Hal ini berarti, kemampuan untuk membayar kewajiban yang sudah waktunya dibayar sesuai jadwal batas waktu yang telah ditetapkan tanggal dan bulan tertentu.
  • Untuk mengukur kemampuan perusahaan membayar kewajiban jangka pendek dengan aktiva lancar secara keseluruhan. Hal ini berarti, jumah kewajiban yang berumur di bawah satu tahun atau sama dengan satu tahun, dibandingkan dengan total aktiva lancar. 
  • Untuk mengukur kemampuan perusahaan membayar kewajiban jangka pendek dengan aktiva lancar tanpa memperhitungkan sediaan atau piutang. Dalam hal ini aktiva lancar dikurangi sediaan dan utang yang dianggap likuiditasnya lebih rendah.
  • Untuk mengukur atau membandingkan antara jumlah sediaan yang ada dengan modal kerja perusahaan. 
  • Untuk mengukur seberapa besar uang kas yang tersedia untuk membayar utang.
  • Sebagai alat perencanaan ke depan, terutama yang berkaitan dengan perencanaan kas dan hutang. 
  • Untuk melihat kondisi dan posisi likuiditas perusahaan dari waktu ke waktu dengan membandingkannya untuk beberapa periode. 
  • Untuk melihat kelemahan yang dimiliki perusahaan, dari masing- masing komponen yang ada di aktiva lancar dan hutang lancar.
  • Menjadi alat pemicu bagi pihak manajemen untuk memperbaiki kinerjanya, dengan melihat rasio likuiditas yang ada pada saat ini.
Bagi pihak luar perusahaan, seperti pihak penyandang dana kreditor, investor, distributor, dan masyarakat luas, rasio likuiditas bermanfaat untuk menilai kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban kepada pihak ketiga.


Fungsi Likuiditas

Likuiditas memiliki beberapa fungsi utama bagi perusahaan diantaranya:
  1. Media untuk menjalankan aktivitas sehari-hari
  2. Sebagai antisipasi dana yang diperlukaan saat ada kebutuhan mendesak
  3. Memudahkan nasabah (bagi lembaga keuangan atau bank) yang ingin melakukan penarikan dana.
  4. Sebagai point penentu bagi suatu perusahaan untuk mendapatkan persetujuan investasi atau usaha lain yang menguntungkan.

Metode Dalam Menganalisa Laporan Keuangan

beberapa metode yang dapat digunakan dalam menganalisa laporan keuangan sebagai tolok ukur penilaian posisi keuangan perusahaan antara lain:

1. Metode analisa pertumbuhan


Metode ini disusun dengan membandingkan kenaikan atau penurunan posisi laporan keuangan pada suatu periode tertentu dengan periode lainnya dari masing-masing pos yang ada dalam laporan keuangan dengan menggunakan nilai persentase. 

Kemudian data yang disajikan dibandingkan dengan kenaikan atau penurunan pada masing-masing pos laporan keuangan pada bulan sebelumnya dengan bulan sekarang.

2. Metode tren dan indeks


Metode ini disusun dengan membandingkan angka pada laporan periode tertentu yang dijadikan indeks dan dipilih sebagai tahun dasar. Teknik tren ini bermanfaat untuk memproyeksikan laporan keuangan di masa yang akan datang dengan menggunakan data historis.

3. Metode analisa rasio


Metode ini dilakukan dengan membandingkan masing-masing pos data keuangan yang signifikan.

0 Response to "Tujuan, Manfaat, Fungsi Rasio Likuiditas dan Metode Dalam Menganalisa Laporan Keuangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel