Laporan Magang Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar


PD PARKIR DENPASAR


BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Magang merupakan kegiatan akademik intrakurikuler yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme mahasiswa dengan apa yang di dapatkan selama perkuliahan. Selama perkulihan mahasiswa dibekali dengan berbagai macam mata kuliah. Sebelum memasuki dunia kerja mahasiswa diharapkan bisa mengaplikasikan teori – teori yang telah didapatkan, salah satu caranya adalah melalui program mata kuliah magang atau praktek kerja lapangan (PKL). Diharapkan untuk program ini nantinya akan melatih, membina, dan mengarahkan mahasiswa agar terampil di dalam dunia kerja.

Sebagaimana diketahui bahwa PD. Parkir Kota Denpasar adalah perusahaan pertama dan satu – satunya di Bali yang mengelola perparkiran, yang didirikan pada tanggal 11 November 2003. Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor 5 Tahun 2003 (Lembaran Kota Nomor 5 Tahun 2003), perusahaan efektif beroperasi terhitung sejak tanggal 01 Oktober 2004 melalui keputusan Walikota Tentang Pengelolaan Perparkiran di Kota Denpasar tertanggal 04 Oktober 2004.

Norma hukum di dalam Pasal 3 ayat (2) huruf d Perda Kota Denpasar Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pajak Parkir dipahami dalam konteks Pasal 3 ayat (2) yakni dalam konteks “tidak termasuk objek pajak parkir”. Tidak termasuk objek pajak parkir adalah penyelenggaraan tempat Parkir lainnya yang diatur dengan Peraturan Daerah. Peraturan Daerah yang dimaksud menentukan tempat parkir lainnya yang tidak termasuk objek pajak parkir.

Peraturan Walikota Denpasar Nomor 30 Tahun 2006 tentan Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor 11 Tahun 2005 tentang Sisem Penyelenggaraan Tempat Parkir, maupun Peraturan Daerah-nya sendiri, sebagaimana terungkap pula dalam Surat tersebut, menyebutkan dalam Pasal 2 ayat (1) pelaksanaan penyelenggaraan perpakiran di Kota Denpasar dilaksanakan oleh Perusahaan Daerah Parkir, dan ayat (2) menyebutkan penyelenggaraan perpakiran sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri dari:

a.         Penyelenggaraan parkir di tepi jalan umum.
b.         Penyelenggaraan parkir di tempat parkir khusus

Harapan PD. Parkir Kota Denpasar kedepannya hanya dengan berbekar ponsel android dan aplikasi, petugas parkir dapat dengan mudah mencatat kendaraan masuk dan menarik pungutan. Selain itu, dengan bantuan Bluetooth, karcis parkir juga dapat di cetak. Selain itu PD. Parkir berencana akan menggabungkan aplikasi dengan teknologi mesin parkir otomatis yang biasa digunakan pada mall - mall besar di Bali.

Masa pengelolaan parkir dahulu adalah ketika parkir dikelola ole Dinas Perhubungan Kota Denpasar melalui unit pelaksana teknis, seluruh pendapatan retribusi parkir bruto dimasukkan dalam PAD (Pendapatan Asli Daerah), besarnya pendapatan tersebut semestinya juga digunakan untuk seluruh pengeluaran akibat dari aktifitas perparkiran seperti gaji pegawai dan jukir, biaya sarana dan prasarana parkir, serta biaya operasional lainnya. Sehingga seyogyanya dihitung pendapatan retribusi parkir bruto dikurangi dengan pengeluaran untuk seluruh aktifitas tersebut, yang selama ini belum dihitung.

Masa pengelolaan parkir sekarang dengan Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar seluruh pendapatan jasa parkir bruto dikurangi langsung dengan seluruh pengeluaran atau seluruh biaya operasional perusahaan, sehingga diperoleh laba bersih perusahaan setelah pajak penghasilan yang disetorkan ke kas daerah, sehingga pendapatan yang disetor ke PAD (Pendapatan Asli Daerah) adalah pendapatan netto sebesar 35% yang merupakan pos bagian laba Badan Usaha Milik Daerah.

Sebagai perusahaan yang baru saja berdiri, sudah tentu sudah banyak memiliki kekurangan yang perlu segera dibenahi. Namun dengan segala kekurangan tersebut, Perusahaan Daerah telah mencatat prestasi yang cukup berarti. Direksi Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar bersama jajaran akan selalu berjuang untuk maju mencapai maksud tujuan dari didirikan Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar sebagaimana termaksud pada Peraturan Daerah Parkir Kota Denpasar Nomor. 5 Tahun 2003, Bab II, Bagian Kedua, Pasal 5, melalui pelayanan perparkiran yang optimal, professional, transparan, memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jasa perparkiran serta turut perpartisipasi mewujudkan Denpasar Kota Berwawasan Budaya.

1.2 Tujuan Magang

Adapun tujuan dari penyelenggara magang yaitu :
1.      Mahasiswa dapat merasakan langsung bekerja disuatu perusahaan.
2.      Untuk memperoleh lapangan kerja diperusahaan.
3.      Untuk mengetahui lingkungan kerja yang sebenarnya diperusahaan.
4.      Untuk memperoleh pengetahuan dari tempat magang.

1.3 Manfaat Magang

-          Manfaat Bagi Mahasiswa
1. Mahasiswa dapat mengaplikasian dan meningkatkan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan.
2.  Menambah wawasan setiap mahasiswa mengenai dunia industry.
3. Menambah dan meningkatkan keterampilan serta keahlian dibidang praktik.

-          Manfaat Bagi Perusahaan
1. Adanya kerjasama antara dunia pendidikan dengan dunia industry/perusahaan sehingga perusahaan tersebut dikenal oleh kalangan akademis.
2.   Adanya kritikan – kritikan yang membangun dari mahasiswa – mahasiswa yang melakukan praktek magang.
3.   Perusahaan akan mendapat bantuan tenaga dari mahasiswa – mahasiswa yang melakukan praktik.
-          
       Manfaat Bagi Fakultas Ekonomi
1. Terjalinnya kerjasama bilateral antara universitas dengan perusahaan.
2.    Universitas akan dapat meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengalaman kerja magang.
3.    Universitas akan dikenal di dunia industry.
4.   Hasil dari program magang akan menjadi pedoman dan dijadikan suatu bahan pertimbangan dalam penyempurnaan kurikulum dan proses pembelajaran Fakultas Ekonomi Universitas Hindu Indonesia yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

0 Response to "Laporan Magang Perusahaan Daerah Parkir Kota Denpasar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel