Pembimbingan Magang (PKL)

Pembimbingan Magang (PKL)

Pembimbingan Magang (PKL)

Selama pelaksanaan magang (PKL), mahasiswa dibimbing oleh dua pebimbing yang terdiri dari Dosen dan pimpinan/supervisor di tempat magang, Adapun aturan dari proses pembimbing tersebut adalah sebagai berikut:


A. Pembimbingan Dengan Dosen Pembimbing

Proses pembimbing magang dengan dosen pembimbing mencakup bimbingan selamamagang dan bimbingan laporan magang (laporan individu), dengan perincian sebagai berikut:

  1. Tahapan pembimbing diawali dengam coaching magang yang harus diikuti oleh  seluruh mahasiswa magang.
  2. Melalpor ke dosen pebimbing setelah menunjukan pebimbing, dengan maksud memberikan informasi kepada pebimbing, di mana tempat magang, alamat lengkap, dan menjelaskan rencana penulisan yang akan dilakukan.
  3. Menjelang keberangkatan, melapor kepada pebimbing tentang recana keberangkatan ke tempat magang.
  4. Pada melaksanakan magang, setelah 7  hari kegiatan magang berlangsung mahasiswa diwajibkan melakukan konsultasi dengan dosen pebimbing untuk menyampaikan perkembangan magang dan mengkonsultasikan rencana penulisan rencana akhir magang (individu) Bagi peserta magang yang berada di luar wilayah Bali atau di Luar Negeri, proses pembimbing dapat dilakukan melalui tetepon atau email.
  5. Peserta magang diharapkan akan memberikan informasi yang baik kepada pihak panitia magang maupun dosen pebimbing mengenai contact person di tempat magang serta prosedur yang harus dilakukan oleh peserta magang.
  6. Bila diperlukan, dosen pebimbing akan mendatangi tempat magang untuk mengantar, monitoring atau menjemput mahasiswa magang. Jika demekian, maka mahasiswa harus melakukan interaksi dan komunikasi yang baik dengan dosen pebimbing, memfasilitasi pertemuan pebimbing dengan supervisor dan pimpinan perusahaan.
  7. Pada akhir kegiatan magang, mahasiswa menyerahkan nilai asli dari tempat magang kepada dosen pembimbing magang yang sudah dibubuhi cap perusahaan dan instansi pemerintah.
  8. Setelah melaksanakan magang, mahasiswa diharuskan membuat laporan magang (individu) di bawah arahan dosen pebimbing. Tata cara pembutan laporan magang akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya.

B. Pembimbingan Dengan Supervisor/Mentor

Di tempat magang mahasiswa dibimbing oleh seorang supervisor atau beberapa mentor tergantung dari bagian penempatan mahasiswa. 

Selain melakukan bimbingan, supervisor/mentor juga memberikan penilaian untuk setiap aktivitas pekerjaan, memberikan penilaian akhir dan mengevaluasi kegiatan magang melalui kuesioner yang akan diberikan diakhir magang keahlian, Mahasiswa diharapkan menjaga hubungan baik dengan mengikuti arahan dan sarana dari supervisor/mentor sepanjang kegiatan dalam ruang lingkup kegiatan proses pembelajaran magang. 

Secara teknis, pembimbingan oleh supervisor/mentor dapat disepakati oleh mahasiswa dengan supervisor/mentor. Proses pembimbingan dengan supervisor/mentor terkait pada beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pada saat kedatangan di perusahaan, mahasiswa wajib melapor dengan menemui pimpinan tempat magang atau bagian SDM atau bagaian tertentu yang telah ditunjuk oleh perusahaan/instansi tempat magang dengan membawa surat dari kampus atau di antar oleh dosen pebimbing.
  2. Mahasiswa memberikan buku panduan magang kepada pimpinan/supervisor di tempat magang dan mengkomunikasikan semua tahapan aturan, tata cara dan prosedur yang ada di dalamnya.
  3. Selama magang,mahasiswa mengikuti arahan dan pendapat bimbingan dari pimpinan/supervisor di tempat magang baik mengenai atata cara kerja, budaya kerja dan prosedur kerja, maupun soal rotasi tempat kerja (job rotation).
  4. Setiap aktivitas pekerjaan yang dilakukan selama magang dicatat setiap hari dalam junral kegiatan harian yang dilampirkan dalam laporan dan dan diberi penilaian serta paraf oleh supervisor/mentor.
  5. Setelah pelaksanaan magang berakhir, peserta magang diharapkan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan, supervisor, dan karyawan/i instansi/perusahaan di tempat magang.
  6. Diakhir pelaksanaan magang, mahasiswa mendiskusikan dan meminta persetujuan laporan kelompok dengan pimpinan/supervisor di tempat magang.
  7. Mahasiswa yang sudah menyelesaikan magang dimohonkan diberikan surat keterangan bekerja/magang dari tempat magang.
  8. Sebagai bentuk evaluasi, maka mahasiswa memberikan kuesioner evaluasi magang kepada pimpinan/sipervisor tempat magang untuk diisi dan di kembalikan kepanitia magang.

1 Response to "Pembimbingan Magang (PKL) "

  1. informasi ini sangat bermanfaat sekali untuk saya, terimakasih sudah memberikan ulasan yang tepat dan berguna untuk pemula seperti saya. Salam blogger indonesia

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel