Kelapa/Nyuh Sudamala dan Mulung/Wulung Bali

Nyuh Sudamala atau Kelapa Sudamala berbeda dengan Kelapa Mulung atau nyuh Mulung.


Perbedaan dan manfaatnya kita akan bahas dibawah ini secara gamblang, simaklah!....


Kelapa Sudamala/Nyuh Sudamala biasanya di pergunakan dalam upakara hindu dan umumnya yang dipergunakan adalah Kelapa mudanya atau masyarakat menyebutnya dengan bungkak atau kelungah Nyuh Sudamala.


Begitu juga dengan Kelapa Mulung atau Wulung masyarakat menyebutnya dengan klungah/bungkak nyuh mulung.


Tetapi tahukah anda, setiap hari raya atau rahina purnama atau kajeng kliwon banyak dijual nyuh gadang (kelapa hijau) atau nyuh gading dijalan-jalan sepanjang pasar di seluruh Bali, itu disebabkan karena kegunaan dan manfaatnya berbeda-beda.

perbedaan nyuh sudamala dan mulung n wulung


Perbedaan Kelapa Sudamala dan Kelapa Mulung/Wulung Merah


Perbedaan antara Nyuh Sudamala dan Nyuh Mulung/wulung ini sangat mudah sekali membedakannya, terutama yang masih muda (bungkak/klungah), yakni:


1. Kelapa Sudamala/Nyuh Sudamala Kelopaknya terlihat lebih hijau dari Nyuh Mulung/Wulung.


2. Kelapa Mulung/Wulung lebih berwarna kekuningan atau kemerahan menurut matang dan mudanya kelapa tersebut.


3. Kelapa Sudamala apabila dilihat dari kulitnya terlihat ada guratan coklat bersisik lurus sebesar 1-2 jari manusia. 


4. Untuk Kelapa Wulung/Mulung kulit luar terlihat lebih halus tanpa guratan sisik untuk jenis kelapa yang masih muda.


5. Seperti terlihat pada gambar dibawah, jika dikupas sabut atasnya atau kelopaknya akan terlihat lebih cerah dan pink warna kelapa Mulung daripada warna kelapa Sudamala.


6. Dari fisik pohon juga hampir berbeda, daun untuk kelapa sudamala lebih menyatu atau berdempetan, Jikalau pohon mulung lebih seperti pada umumnya pohon kelapa.


Nyuh Mulung atau Wulung

Kelapa Sudamala


Baca Juga artikel kami (redsobek) yang unik: Garis Keturunan Bapak (Silsilah Anak)


Manfaat Kelapa Sudamala dan Kelapa Mulung/Wulung


Manfaatnya sangat banyak selain sebagai ion pengganti cairan tubuh, bagi anak kecil yang sedang batuk atau pilek dan deman juga bisa sebagai obat secara herbal.


Manfaat lainnya sebagai sarana dalam upakara Hindu seperti pelengkap sarana ngewangsuh pratima atau benda-benda sakral yang disucikan oleh umat Hindu di Bali.


Harganya juga bervariasi pada setiap warung atau toko yang menjual kelapa ini, biasanya di pasar umum lebih murah berkisar antara Rp.5.000 sampai Rp.15.000, menurut dagang yang mencari laba tinggi atau pedagang jujur/baik.


Untuk ukuran yang sedang umumnya berisi 700 mililiter airnya  atau setara takaran 2-3 gelas kecil. Biasanya setelah meminumnya akan terasa khasiatnya seperti cepat buang air kecil, ibarat terapi instan, nyuh kelapa ini sangat baik dikonsumsi setiap hari.


Semoga informasi Kelapa/Nyuh Sudamala dan Mulung/Wulung Bali yang kami bahas dalam Manfaat dan Perbedaan keduanya berguna sebagai referensi tambahan dalam upakara keagamaan Hindu juga sebagai media obat herbal terbaru. Matur Suksma!

Coba juga Informasi menarik lainnya tentang perbedaan: Cara Membedakan Tulasi dan Kemangi

0 Response to "Kelapa/Nyuh Sudamala dan Mulung/Wulung Bali"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel