Riset Keyword Blog Dari Buzzsumo dan Google Forms

Buzzsumo dan Google Forms

Inspirasi Konten dari BuzzSumo

Untuk menjadi content creator yang andal, kita butuh banyak belajar. Kita perlu membaca banyak referensi, melihat berbagai karya. Salah satu tool yang memudahkan kita untuk mendapatkan akses ke konten-konten terbaik adalah BuzzSumo.


Dengan memakai BuzzSumo, kita bisa tahu konten apa yang menarik dan paling banyak dibagikan oleh pengguna di internet. Selain itu, kita juga bisa mencari siapa saja influencer dalam suatu topik. 


Berikut cara menggunakan BuzzSumo untuk mendapatkan ide/inspirasi konten.

  • Kunjungi situs www.BuzzSumo.com. Pada kotak yang tersedia, masukkan topik yang ingin kamu eksplor. Kamu juga bisa memasukkan alamat web tertentu. Jika kamu memasukkan alamat web tertentu, BuzzSumo akan menampilkan konten-konten yang paling banyak di-share di web tersebut.
  • Sekarang, BuzzSumo menampilkan konten-konten yang viral dari topik yang kamu masukkan. Kamu bisa telusuri konten tersebut satu per satu. Nikmati kontennya, siapa tahu dari sana kita mendapatkan inspirasi konten. Kamu juga bisa melihat berapa banyak share yang didapat oleh konten tersebut.
  • Selain itu, kita juga bisa mendapatkan inspirasi dengan melihat apa yang sedang jadi tren. Untuk melihat tren, kamu bisa klik menu trending now. Selanjutnya, kamu bisa mengeksplor konten trending berdasarkan topik tertentu. Pilihan topik yang hendak dieksplor bisa dilihat di sisi kiri halaman.

Untuk bisa mengakses layanan dari BuzzSumo secara utuh, kamu perlu membuat akun di sana. Biaya akun BuzzSumo bermacam-macam, tergantung dari fitur yang kamu dapatkan. 


Selengkapnya, kamu bisa cek di sini: https://app.buzzsumo.com/account/plans.

Intinya, BuzzSumo merupakan salah satu tool yang membantu kita dalam kegiatan membuat konten. Nantinya, inspirasi yang kita dapatkan dari BuzzSumo dapat kita pakai sebagai bahan konten, entah itu konten untuk web ataupun akun media sosial kita.


Riset Audiens Memakai Google Forms


Untuk memahami audiens, kita perlu riset. Entah itu riset dengan memakai tools yang tersedia di internet ataupun dengan memakai metode lain. 


Hanya saja, karena adanya keterbatasan pada tools yang tersedia, kadang kita perlu menciptakan tools sendiri. Atau kita membuat alat pengukuran sendiri. 

Salah satu cara mengukur kebutuhan target audiens adalah dengan melakukan riset audiens.


Salah satu bentuk riset audiens adalah survei. Jika kamu hendak mengadakan survei audiens, Google Forms termasuk layanan yang dapat kamu manfaatkan. Google Forms dapat kita gunakan untuk membuat survei audiens. 


Salah satu fitur menarik dari Google Forms adalah adanya fitur visualisasi secara otomatis. Jadi, begitu data survei terkumpul, akan langsung ada visualisasi data tersebut. 


Tentunya ini sangat membantu. Tak hanya itu, Google Forms juga praktis untuk dipakai.

Jika tertarik, kamu bisa segera membuat survei memakai Google Forms. Silakan mengakses Google Forms di alamat ini: www.google.com/forms/about/


Video tutorial cara membuat survei audiens di Google Forms dapat kamu akses di sini: www.Filobuku.id/blog/bikin-survei-audiens


Video tadi tidak hanya membahas tentang cara membuat kuesioner survei. Lebih dari itu, video tadi juga menjelaskan tentang cara menyusun pertanyaan survei.



Amati Kata Kunci di Website-mu

Cara lain untuk mendapatkan ide konten adalah mengamati kata kunci yang mendatangkan trafik ke webmu. Dengan mengamati daftar kata kunci, kita akan tahu topik apa saja yang dicari oleh target pasar kita. 


Daftar kata kunci ini bisa menjadi salah satu sumber ide konten. Untuk mengetahui kata kunci yang mendatangkan trafik ke webmu, kamu bisa memanfaatkan fitur analytics yang tersedia di webmu. Bagi pengguna platform Blogger, bisa masuk ke menu statistik > sumber lalu lintas. 


Berikutnya, perhatikan bagian telusuri kata kunci. Di sana, Blogger menampilkan berbagai kata kunci yang mendatangkan trafik ke webmu. 


Sedangkan bagi pengguna platform lain, kamu bisa memakai tool Analytics yang tersedia. Misalkan kamu bisa pakai Google Analytics. Atau, kalau kamu pakai WordPress, kamu juga bisa memanfaatkan fitur site stats yang tersedia di plugin Jetpack


Di fitur site stats juga tersedia fasilitas untuk mengetahui kata kunci yang mendatangkan trafik ke web kita. Lebih detail tentang fitur site stats di WordPress sudah saya ulas di bagian 2 buku ini.


Dengan mengamati kata kunci yang masuk ke web, kita juga bisa memperkirakan seperti apa kebutuhan konten dari audiens. Singkatnya, kegiatan mengamati dan "belajar" dari data ini patut kita lakukan secara rutin.

0 Response to "Riset Keyword Blog Dari Buzzsumo dan Google Forms"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel