Optimalisasi Pendapatan Pada CV. Palunesia Collection Team Dengan Menggunakan Metode Hungarian

Jurnal : Riset Operasi 



Volume & Halaman : 12 No. 2 Desember (Hal 172-184) 

Tahun : 2016 

Penulis : A. Aras, A.I.Jaya, A. sahari 

Reviewer : Redsobek

HASIL REVIEW JURNAL

Optimalisasi Pendapatan Pada

Tujuan Penelitian : penelitian ini bertujuan untuk menggunakan metode Hungarian untuk memaksimumkan pendapatan dan meminimumkan biaya produksi pada CV. Palunesia Collection Team.

Subjek Penelitian : Palunesia Collection Team merupakan salah satu industri pengrajin di Kota Palu yang memproduksi property-property interior rumah tangga. 

Metode Penelitian : Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan pemilik CV. Palunesia Collection Team. Masalah pemasangan satu sumber daya dengan tepat satu tujuan atau satu tujuan dengan tepat satu sumber daya, yang memenuhi tujuan yaitu meminimumkan biaya dan memaksimumkan pendapatan. Masalah Metode Hungarian merupakan bentuk khusus masalah penugasan dengan n tempat asal dan m tempat tujuan. Penyelesaiannya berupa 1 (dipasangkan) atau 0 (tidak dipasangkan) (Jeno Egervary, 2006). 

Faktor Pengaruh : Dalam dunia bisnis atau usaha dan industri manajemen sering mengalami masalah yang berhubungan dengan optimalisasi dari bermacam-macam sumber yang produktif atau personalia yang mempunyai tingkat efisiensi yang berbeda untuk tugas yang berbeda pula. 

Alasan Dilakukan Penelitian ini : Penerapan Metode Hungarian ini dimulai dengan pengambilan data, menentukan masalah penugasan, pembuatan matriks masalah penugasan, memaksimumkan pendapatan dan meminimumkan biaya. 

Langkah – langkah : Penerapan Metode Hungarian ini dimulai dengan pengambilan data, menentukan masalah penugasan, pembuatan matriks masalah penugasan, memaksimumkan pendapatan dan meminimumkan biaya. 

Hasil Penelitian : Pada hasil penelitian ini diperoleh CV. Palunesia Collection Team merupakan salah satu industri pengrajin rotan yang cukup lama berdiri di Kota Palu yang memproduksi berbagai macam properti-properti interior rumah tangga. 

Kelebihan : kekuatan dalam metode ini adalah menggunakan metode Hungarian sehingga diperoleh hasil yang optimum, teknik pemecahan yang digunakan untuk metode Hungarian adalah Menugaskan untuk mencari biaya penghematan (minimasi) dan Menugaskan untuk mencari pendapatan maksimal (maksimasi). 

Kekurangan : kelemahan dari penelitian ini adalah Adapun data yang digunakan oleh karyawan dari Palunesia Collection Team diasumsikan sebagai sumber dan jenis property interior rumah tangga diasumsikan sebagai tujuan, dimana dalam penelitian ini ada 6 sumber dan 5 tujuan. 


Keterangan Tahap-Tahap Mereview Jurnal:

Pada saat meriview jurnal hal yang pertama yang harus kamu pahami adalah abstrak dari jurnal tersebut, jika kurang paham silakan baca kesimpulan dari jurnal tersebut. 

Setelah paham, silakan baca dengan seksama isi jurnal tersebut. Baik Redsobek akan menjelaskan satu persatu item yang ada diatas:

Tujuan penelitian : Tujuan penelitian ini dapat kamu temukan didalam abstrak ataupun menyimpulkan sendiri dengan cara membaca secara keseluruhan isi jurnal, dan kemudian membuat kesimpulan. Pada jurnal-jurnal yang Redsobek review terkadang Redsobek menggunakan kedua cara. 

Subjek penelitian : Subjek penilitian ini dapat kita temukan didalam abstrak maupun subjek penelitian dari jurnal tersebut. 

Metode penelitian : Dapat kita temukan didalam abstrak, namun jika ingin lebih lengkap dan jelas silakan baca didalam metode penelitian dari jurnal tersebut. Biasanya, jika kita membaca metode penilitian didalam jurnal, akan dijelaskan lebih terperinci. Contoh: seperti metode diatas, didalam abstrak tidak dijelaskan apa itu metode in Vivo itu, namun didalam metode penelitian dijelaskna dengan terperinci. 

Faktor pengaruh : Faktor pengaruh dapat ditemukan didalam abstrak maupun kesimpulan dari jurnal tersebut. Jika ingin lebih jelas baca di subjek penelitian. 

Alasan : Alasan penelitian dapat ditemukan didalam abstrak dan menyimpulkan sendiri dengan cara membaca secara keseluruhan isi dari jurnal. 

Langkah-langkah : Langkah - langkah ini berhubungan dengan bagaimana cara jurnal ini melakukan penelitian. Kamu bisa melihat langkah-langkah ini didalam langkah/tahapan penelitian yang ada didalam jurnal, kamu bisa menyimpulkan apa saja yang dilakukan oleh peneliti didalam jurnal tersebut, sehingga menghasilkan jurnal tersebut. 

Hasil penelitian : Hasil penelitian dapat kamu temukan didalam abstrak jurnal maupun kesimpulan dalam jurnal tersebut. Namun, kamu juga bisa menyimpulkan sendiri apa saja hasil yang didapatkan dalam jurnal tersebut, untuk itu kamu harus pahami dan baca secara teliti jurnal tersebut. 

Kelebihan : Kelebihan dalam jurnal dapat kita lihat didalam metode apa yang digunakan, sebuah jurnal bisa dikatakan kuat jika ia menggunakan metode yang tepat dan menggunakan dua atau lebih, sehingga adanya perbandingan antara metode yang satu dengan yang lain. 

Pada akhirnya, akan menemukan hasil yang maksimal. Kelebihan juga bisa dilihat dari peralatan, isis jurnal tersebut menggunakan kata-kata yang mudah dipahami atau tidak, dan data yang digunakan. Data ini bisa berupa referensi, referensi yang baik, merupakan referensi 5 tahun terakhir dari tahun penelitian. Karena, semakin dekat tahun dengan tahun penelitian menandakan bahwa data yang digunakan akurat dan lebih update. 

Kekurangan : Kekurangan ini kebalikan dari kelebihan yang Redsobek paparkan diatas, jadi tinggal menyesuiakan.

Cukup sekian pemaparan dari blog Redsobek ini, semoga bermanfaat kedepannya.
Cara ini juga bisa digunakan dalam meriview SKRIPSI maupun TESIS.

0 Response to "Optimalisasi Pendapatan Pada CV. Palunesia Collection Team Dengan Menggunakan Metode Hungarian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

OM Swastyastu, OM Awighnamastu Namo Siddham, OM Siddirhastu Tad Astu Svaha, 
OM Hrang Hring Sah Parama Sivaditya Ya Namah.

Kami Sebagai Publisher Online Menghaturkan Pangaksama Permohonan Maaf Ke Hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Ida Sanghyang Parama Kawi) Beserta Bhatara-Bhatari Leluhur Serta Junjungannya, Tatkala Kami Menceritakan Keberadaan Para Leluhur Yang Sudah Menempati Nirwana, Kiranya Kami Terlepas Dari Kutuk Neraka Apabila Kami Menyebarkan Informasi Dari Berbagai Sumber Yang Kurang Tepat Atau Adanya Kekeliruan. 

OM Tat Pramadat Ksama Svamam Ya Namah. OM Shanti, Shanti, Shanti OM.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel