Banten Byakala Sesuai Sastra

by -1181 Views

Redsobek.comBanten Byakala atau Byakaon dalam tradisi Hindu Bali memiliki makna penetralisir kekuatan bhuta kala yang sifatnya negatif, sehingga dengan mempersembahkan atau melaksanakan pebyakalaan / mebyakaon maka akan tercapai keseimbangan lahir dan bhatin dalam kegiatan upacara.

.

Cara Metanding Banten Byakala:

Nanding Banten Byakaon atau Byakala ini pertama-tama anda siapkan sebuah sidi berisi taledan segi empat, diatasnya berisi kulit peras, diatas taledan berisi raka-raka jangkep seperti pisang 2 (dua) biji, buah-buahan, jaje uli begine.

Berisi sebuah sampiyan naga sari, Sebuah pesucian, Sebuah lis amuan-amuan, Sebuah nasi metajuh (simbolis laki-laki).

Isikan ceper berisi base tulak, takir berisi beras kuning, tempurung kelapa berisi nasi berwarna hitam, telur ayam mentah.

isi juga dengan kojong rangkat berisi kacang + telur + saur.

isi dengan nasi kepelan agung metanjeb bawang tabia. Sebuah nasi metimpuh (simbolis wanita).

Berisi dengan sabet dari serabut kelapa, berisi 3 (tiga) katih lidi, berisi sebuah penyeneng dan sebuah payuk pere.

….

Gambar Tetandingan Banten Pebyakalaan Sesuai Dengan Sastra

Banten Byakala
Contoh: Banten Byakala

Baca Juga Informasi Terkait:

# Cara Alur Mebyakala/Byakaon

…..

Kemungkinan banyak di tempat atau daerah lain disekitar Bali atau Indonesia memiliki cara berbeda-beda dalam mengimplementasikan cara pembuatan banten Byakala/byakaon ini. Semuanya tergantung pengalaman, tradisi turun temurun bahkan memang warisan budaya para leluhur.

.

Cara metanding dan konsep bebantenan byakaon ini tentu berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya. Dan kami mengimplemantisan sesuai sastra. Adapun sastra yang kami maksud berdasarkan lontar-lontar lawas Hindu Bali, seperti tercantum pada narasi referensi dibawah.

…..

Kiranya artikel informasi Banten Byakala atau Byakaon ini jangan dijadikan acuan utama dalam sebuah upakara yang benar-benar sempurna. Kembali ke lingkup nista madya dan utama dalam Hindu Bali.

…..

Web Redsobek dan Redrewel merupakan situs satu server yang di redirect mejadi 1 url utama yakni Redsobek.com. Informasi Banten Byakala Sesuai Sastra ini semoga bermanfaat. Rahayu!. Om Nama Sivaya!.

Narasi referensi Banten Byakala Sesuai Sastra: Lontar Tapeni Yadnya, Bhuwana Kosa, LontarMedang kemulan, Lontar Roga Sengara Bumi dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.