Banten Penyeneng Karangasem

by -1021 Views

Redsobek.com – Banten Penyeneng Karangasem ini sesuai dengan sastra yang terpercaya seperti dikutip dari Lontar Medang Kemulan, Lontar Lebur Sangsa, Lontar Bhuwana Kosa, Lontar Tutur Sanghyang Tapeni dan berbagai sastra Dewa Tattwa.

.

Cara Membuat Banten Penyeneng:

Siapkan sebuah nampan/bokor, diatasnya berisi aledan segi empat, dibawah aledan berisi pis bolong aketeng, beras, base tampin dan benang.

Diatas aledan berisi pisang, raka² jangkep (buah jajan), dua buah tumpeng, sebuah kojong rangkad / kojong manak berisi kacang saur, ayam panggang, sebuah sampiyan tangga dan canang sari/gempuk.

Sampiyan metangga untuk banten penyeneng
Contoh: Sampiyan metangga untuk banten penyeneng

Diatas adalah contoh sampiyan metangga bagian dari banten penyeneng.

Penyeneng metangga merupakan jenis jejaitan yg dipergunakan di dalam tetandingan banten penyeneng. yang berfungsi sebagai alat untuk nuntun, menurunkan Prabhawa Hyang Widhi (Antena Penghubung).

Selain itu banten penyeneng sebagai konsep keseimbangan, dinamis dan produktif,. sebagaimana disebut penyeneng dalam banten sebagai penguatan konsep hidup.


Penyeneng adalah simbol antena penghubung titah / umat dengan Hyang Widhi Wasa.

Sering juga disebut tehenan /Pabuat yakni jenis jejaitan yang dipergunakan dalam tetandingan banten penyeneng.

Kami menginformasi jejaitan penyeneng ini tentunya sesuai dengan desa kala patra masing-masing daerah. dan ini kami mengulas Banten Penyeneng Karangasem, Bali.

Baca Juga Piodalan di Pura Dalem Desa Tampuagan Karangasem yang jatuh pada => Anggara kasih Perangbakat-Piodalan Pura Dalem Tampuagan.

Situs Redsobek.com dan Redrewel.com adalah sama dalam satu server redirect link.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.