Perbedaan Banten Penyacak/Ajengan/Soda/Ajuman dan Bayuan

by -147 Views

Beda Banten Penyacak/Ajengan/Soda/Ajuman dan Bayuan

Pertama-tama kita bahas secara singkat, jikalau banten penyacak, Ajengan,. Soda dan Ajuman hampir mirip dan sudah pernah saya bahas pada konten sebelumnya tentang:

Artikel Yang Berhubungan:

Cara metanding banten penyacak/ajengan/soda/ajuman:

Langkah pertama siapkan sebuah bokor/ingke/tamas yang diatasnya berisi aledan daun pisang atau janur atau papalan yang biasanya berbentuk segi empat.

Kemudian diatasnya berisi raka-raka jangkep (seperti pisang, buah, jajan uli begine),

Isi 2 (dua) buah celemik/atum yang bundar kecil, yang satu untuk tempat ajengan putih,. yang lagi satu berisi kacang, saur dan telur.

Satu buah sampian petangas/plaus, satu buah canang gempuk/sari.

…..

.Gambar Banten Bayuan Menyusul

Cara metanding banten bayuan, langkah pertama siapkan sebuah ingke/boko/tamas diatasnya berisi aledan daun pisang/segi emoat yang dibuat dari janur/papalan,. diatas aledan berisi raka-raka jangkep seperti pisang, buah, jajan bolu (bebas) jajan uli begina, sebuah canang gempuk/sari

Perbedaan dari kedua tetandingan banten diatas ada pada ajengan (nasi putih), kacang saur, telur dan sampiyan plaus,. pada banten ajengan/penyacak berisi lengkap sedangkan pada banten bayuan hanya isi raka-raka jangkep. tidak berisi ajengan kacang saur sama sampiyan plaus,. hanya menggunakan canang sari/gempuk saja.

Banten ajengan/penyacak/ajuman/soda ini cara metandingnya sama semua hanya beda penyebutan nama sesuai desa adat masing-masaing,. kalau di karangasem kami biasa menuebutkan dengan banten penyacak.

..

Baca Juga di web: Redrewel.com

.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.