Buat Base Rajang/Base Genep Karangasem

by -352 Views

Redsobek.com – Buat Base Rajang/Base Genep Karangasem, Base Rajang atau dalam bahasa Indonesia disebut bumbu rajang merupakan resep makanan khas Provinsi Bali. Base Rajang ini sering juga disebut Base Genap/genep karena komposisinya yang lengkap.

.

Jika di lihat dari maknanya, Base artinya Bumbu, Rajang bisa memiliki makna dicincang kecil secara merata dan Genep artinya Lengkap. Jadi, Base Genep atau Base Rajang merupakan Bumbu yang lengkap dan dibuat dengan cara dicincang secara merata dari berbagai campuran rempah-rempah.

Buat Base Rajang-Base Genep
Ilustrasi: Berbagai Olahan Yang Sudah Berisi Base Genep
Buat Base Rajang-Base Genep1
ilustrasi: Proses Pembuatan Base genep

Untuk membuat Base Rajang yang mantap rasanya, sebaiknya persiapkan alat dan bahan serta mengetahui cara mengolahnya.

.

Peralatan Yang Dipersiapkan:

Pisau/ tiuk
Golok/ blakas
Talenan/ alas potong bumbu
Penumbuk bumbu
Ulekan batu/ cobek
Tempat bumbu (baskom, talam atau piring).

.

Bahan Yang Diperlukan:

Bawang merah, bawang putih
Jahe secukupnya
Kencur/ Cekuh
Kunyit/ Kunir
Cabe / tabia
Garam/ uyah.
Daun Salam/ don Juet
Terasi/ sere atau sera
Kemiri/ tingkih
Minyak goreng/ lengis nyuh
Limao.

.

Contoh Komposisi Sebagai Pembanding

Base Rajang-Base Genep

.

Cara Mengolahnya:

Untuk mengolah base rajang perlu diperhatikan komposisinya, jangan terlalu banyak untuk bumbu jahe dan kencur-nya.

.

Bersihkan semua bumbu dan siap untuk dipotong kecil-kecil.
Mulai dari Cabe dipotong kecil atau dibersihkan tangkainya saja (karena nanti semua bumbu akan ditumbuk).

.

NB: Bahan-bahan bumbu yang sudah dipotong bisa ditumbuk memakai elu (alat khusus tumbuk bumbu) atau bisa juga mempergunakan blender, bedanya pasti dari rasa dan kualitas bumbu nantinya.

.
Untuk porsi bumbu lainya seperti: kunyit bisa lebih banyak bagiannya diiris kecil, selanjutnya bawang merah dan putih juga menyesuaikan.

.
Garam dan minyak ditambahkan secukupnya, jangan terlalu banyak dan percikan air limao untuk menambah selera (kulit limao jangan diikutkan untuk diulek).

.
Taruh bumbu ke dalam wadah, gabungkan menjadi satu tempat.
Semua base diulek atau ditumbuk agar menjadi halus.
Setelah bumbu halus, base tersebut di taruh di wajan (penggorengan) untuk dipanaskan sampai bumbu-nya matang.

.
Isi air putih (air mineral) bumbu tersebut (secukupnya) dan panaskan dengan api kecil teruslah mengaduk sampai kira-kira 60 – 120 menitan.

.

Semakain banyak bumbu maka waktu pengadukan juga semakin lama. Proses pematangan ini akan menentukan kualitas Rajang, karena tingkat kematanagan yang dicari ketika bau rajang sudah muncul, serta ada letupan kecil menandakan Base Rajang akan segera matang.

.
Jangan berhenti menganduknya karena dari pengalaman kami, hasil base genapnya akan berbeda rasanya. Jika berhenti atau lupa durasi mengaduknya maka dapat dipastikan Base Rajang tersebut bisa saja hangus.

.
Api juga dikontrol, jangan terlalu besar dan jangan juga kekecilan, yang sedang-sedang saja.

Proses memanaskan bumbu sampai matang memang butuh kesabaran sehingga bumbu base genap akan dihasilkan nantinya memiliki kualitas dan daya tahan yang lama.

.

Kegunaan dari Base Rajang ini sebagai bahan campuran dalam adonan sate lilit, sate babi, urutan, sate ayam, lawar Bali, jukut ares, ayam betutu, tum, balah, komoh, dan berbagai macam makanan khas pulau Bali.

.

Nama bahan dalam artikel ini dikombinasikan dengan nama daerah di Bali, karena ada beberapa penamaan bahan seperti kencur di Bali namanya Cekuh yang mana komponen Base ini bagus untuk pencernaan.

.

Selain itu, ada juga daun salam atau di Bali namanya Don Juet yang secara tidak langsung memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit saraf, seperti stroke, rematik sampai kolestrol.

.

Kunyit/kunir memiliki khasiat penyembuh organ pencernaan dalam, penambah stamina dan baik untuk pencernaan.

.

Pada dasarnya semua rempah-rempah memiliki manfaat yang tentu baik bagi tubuh, asalkan kita bisa mengolahnya dengan komposisi yang tepat.

.

Demikianlah Buat Base Rajang/Base Genep Karangasem ini kami publish semoga saja para pemula (tukang Run) bisa menjadi koki profesional ala Bali. Svaha!.

Narasi: HL8join

Foto: Redsobek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.