Cara Memanggil Leak Bali, Ampuh 100%

by -21 Views
Leak Bali – Jikalau memanggil ayam dikasih beras atau jagung, jikalau memanggil leak dikasih apa ya?…
.
Kita simak ulasan singkat kami mengenai bagaimana leak Bali agar datang!. Ingat, Jangan pernah sendirian karena kalian akan selalu diawasi dari dunia lain.
.
Cara Memanggil Leak
Cara Memanggil Leak Bali, Ampuh 100%
 
Saat seperti pementasan calonarang identik dengan adanya barong dan rangda yang melambangkan rwa bhineda (baik dan buruk) dalam kehidupan.
.
Ketika dua unsur itu masih ada, maka calonarang akan tetap eksis di Bali. Dikarenakan ada tradisi nyolahang (menarikan) Ida Batara berupa barong dan rangda tersebut.
 
 
Di samping itu, juga ada beberapa tarian pendukung pementasan calonarang. Namun, yang membuat pementasan calonarang menjadi daya tarik bagi masyarakat, yaitu adanya juru undang yang bertugas mengundang dan menantang orang yang melaksanakan aji ugig (ilmu hitam).
.
Juru undang ini biasanya  berbarengan dengan keluarnya watangan matah.
 
Ahli Teologi Dr. Komang Indra Wirawan, S.Sn., M.,Fill.H., yang sering berperan sebagai juru undang leak mengaku mempunyai tantangan tersendiri.
.
Ia pernah merasakan adanya gangguan sekala dan niskala ketika mengundang tokoh leak untuk diajak beradu kawisesan, sekaligus agar mengacaukan prosesi calonarang.
.
Gangguan seperti itu sangat wajar, karena dilaksanakan di pemakaman atau setra.
 
Ketua Yayasan Gases Bali ini mengaku harus ada kesiapan secara jasmani dan rohani, serta mempunyai pengetauan dasar tentang budaya yang luas dan multitalenta dalam penokohannya.
.
Komang Gases juga menjelaskan bahwa ketika tahun 1980, pementasan calonarang dilakukan dengan baik dan benar, sesuai pakem yang berlaku.
.
Baik yang dimaksudkan adalah belajar dengan sungguh-sungguh terlebih dahulu, belajar mendengar dari orang yang berpengalaman, dan mawinten ketika mau menggeluti seni tersebut.
.
Namun, sekarang kadang proses itu banyak yang menganggapnya sepele, terkadang juga ditiadakan. Pada tahun itu pula proses ngundang leak tidak ada, karena sudah masuk kesatuan di dalam pementasan.

 

Saat ini, ngundang leak dilakukan sebagi daya tarik penonton. Terlebih dalam pementasan calonarang. Sebab, jika zaman sekarang tidak adanya juru undang, apalagi watangan, pentas calonarang tidak ada daya tarik bagi masyarakat yang akan menontonnya.
.
Dikarenakan hal yang bersifat gaib dan sakral diemban oleh juru undang. 
.
Pertama, juru undang sebagai pelengkap dari pementasan calonarang.
.
Kedua sebagai penyampaian pesan dari arti dan makna calonarang itu sendiri, dan ketiga sebagai media untuk menutupi kekurangan pementasan.
.
 
Soal prosesnya, Indra Wirawan menjawab hanya melalui tiga dasar tatwa, susila, dan upacara. Terpenting ia katakan adalah susila, berupa etika dalam pementasan.
.
Apabila pementasan calonarang dibarengi dengan ke-angkuh-an dan merasa diri paling sakti dan paling ririh (pintar), maka akan menyebabkan hal yang tidak baik. Seperti rangda tertusuk, dan gangguan lainnya.
 
Pihak yang diundang dalam calonarang adalah yang ada di sekala dan niskala, yakni bhuta kala, bhuta bhuti, raksasa-raksasi, dan leak desti ngelaran aji ugig (ilmu yang disalahgunakan).
.
Ngundang secara sekala, lanjutnya, yakni dengan adanya media upakara berupa bebantenan tawas sari, tawas daun, segehan, dan lain sebagainya. Dengan tujuan, agar mereka datang untuk diberi makan dan kembali ke Bhuwana Agung atau ke unsur alam semesta.
.
Misal salam lontar aji ugig dijelaskan,
Iki I Panca butha, nga. 
Yan dijaba mawak dhengen, 
mwah kadi iki, 
Sanghyang Iswara jumeneng ring papusuha, 
kairing dening butha putih
Sang Hyang Brahma jumeneng ring hati ingiring de butha bang, 
Sanghyang Mahadewa jumeneng ring ungsilan, 
kahiring dening butha jenar, 
Sanghyang Wisnu jumneng ring nail, hati, ampru, kahiring de Bhuta ireng. 
Sanhhyang Siwa jumeneng ring unduh-unduhaning hati, 
ingiring dening I Butha mancawarna, 
genahnya ring undhuh-undhuhaning hati. 
Telas mangkana dening pangeregepang
.

Ini cara ngundang leak yang benar, bukan dengan cara koar-koar ngundang mereka nyentokin watangan matah. Alasannya leak hanya bisa diundang dengan bahasa dan caranya bukan dengan cara manusia,” ujarnya.
 
Geguh juga berpendapat demikian. Bahkan, ada yang keliru di bagian terpenting calonarang yakni nusuk rangda. Padahal esensi itu semua hanya untuk nedunang Ida Batara (rangda) menyatu dari akasa (terajangan) ke pertiwi (tanah) untuk masolah atau pelepasan.
.
Makanya jangan heran pemain rangda bisa tertusuk karena patih Taskara Maguna terlalu serius memerankan diri yang bukan fungsinya.
.
Demikian informasi singkat Cara Memanggil Leak Bali, Ampuh 100%, semoga bermanfaat. Salam rahayu!
Sumber: HL8Join.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.