Cara Memasang Domain TLD Untuk Blogspot Dengan Benar

by -1001 Views
Redsobek.com Mungkin buat kalian seorang blogger, pasti kalian menginginkan blog kalian terlihat lebih professional dengan menggunakan domain TLD. Eittss pasti di antara kalian ada yang belum tau apa itu domain TLD.
 
Sebelum kita ke pembahasan cara memasang domain TLD untuk blogspot, alangkah baiknya kita cari tahu apa itu domain TLD
.
Pengertian Domain TLD
Domain TLD yang kepanjangan dari Top Level Domain adalah rujukan kepada huruf – huruf terakhir setelah tanda titik pada sebuah nama domain. Misalnya www.redsobek.com memiliki domain teratas .com
.
Dan domain TLD ini tidak hanya 1 macam saja. Ada 3 macam domain TLD ini yaitu gTLD, ccTLD, Infrastucture Top Level Domain. Pasti banyak yang belum tau nih tentang ini. 
 
Mari kita baca seksama pengertian dari macam macam domain TLD tersebut.
.
Macam Macam Domain TLD
1.      Global Top Level Domain Domain ini kebanyakan terdiri dari 3 huruf atau lebih, Eksteni yang masuk dalam jenis domain TLD dapat digunakan bebas untuk siapa saja. Kecuali .mil (militer) dan .gov (goverment) Jika, kalian menemukan website yang berdomain .mil sudah di pastikan itu milik Militer Amerika Serikat begitu juga dengan .gov
.
Bila gTLD ini kita bedah lebih dalam lagi, akan ditemukan 2 subklasifikasi yaitu sponsored Top Level Domain yang hanya di miliki oleh perusahaan, organisasi, asosiasi, instansi pemerintah, dan individu di bidang tertentu. 
 
Sementara itu subklasifikasi yang satunya lagi untuk ekstensi yang tidak ada hubungannya dengan sponsorisasi dengan gTLD. Biasanya sih di sebut dengan Unsponsored Top Level Domain (uTLD) misalnya saja .biz .info .pro.

.
2.      Country Code Top Level Domain Untuk domain yang satu ini yang biasa kita sebut dengan ccTLD ini digunakan untuk website yang ada di Negara tertentu, misalnya saja Indonesia ini menggunakan ccTLD yaitu .id , Jadi tidak aka nada domain .id namun konten utama bahasa mandarin atau arab.
.
3.      Insfrastucture Top Level Domain Nama domain yang satu ini masih sangat asing di telinga kita, domain ini hanya mengkhususkan suatu proyek atau insfratuktur tertentu saja misalnya saja nama domain .arpa dan .root
.
Nah di sini saya akan memberikan beberapa nama domain yang banyak digunakan di dunia ini oleh para pemilik website di antaranya adalah:
.
·         .com    : Untuk website komersial (nama domain yang paling banyak digunakan)
·         .co       : Untuk website Koorporasi
·         .net      : Untuk website teknologi jaringan
·         .org      : Untuk website organisasi
,         .info     : Untuk website informasi
·         .biz       : Untuk website bisnis
·         .pro      : Untuk website dengan profesi tertentu
·         .jobs     : Untuk website sumber daya manusia
·         .travel  : Untuk website industry wisata
·         .tv        : Untuk website Televisi
.
Sekarang kamu sudah tau apa itu domain TLD dan macam” domain TLD aslinya masih banyak lagi daftar domain yang banyak digunakan oleh orang yang mempunyai website. Tapi biasanya kebanyakan orang memeilih banyak menggunakan domain .com untuk bisnis, portofolio, bahkan blog pribadi.
.
Nah buat kamu yang masih menggunakan .blogspot.com kapan nih mau ganti domain TLD agar lebih terlihat professional. Tapi buat kamu yang sudah punya tapi masih bingung cara menghubungkan domain ke blogspot, kamu bias ikuti cara memasang domain TLD di blogspot. Bagaimana caranya ? Yuk kita praktekan tutorial berikut ini:
.
Cara Memasang Domain TLD Di Blogspot Dengan Benar
Sebelum memasang domain TLD kamu bisa masuk ke akun Blogger kalian terlebih dahulu, Jika sudah kamu bisa masuk ke Settings dan kamu bisa klik + Set up a third party URL for your blog.
.
Gambar 1
Gambar:  Dashboard Blogger

.
Jika sudah kamu bisa isikan nama domain kamu di kolom yang sudah di sediakan, kamu bisa megisinya menggunakan www (www.namadomain.com) Jika sudah kamu bisa klik Save.
.
Gambar 2
Klik Gambar 2X Untuk Memperbesar Tampilan
.
Tips Berikut Semoga Bisa Membantu:

5 Cara Cepat Blog Anda Diterima Google Adsense

Nah sampai di sini kita belum bisa untuk menyimpannya, kamu bisa salin CNAME yang saya beri tanda merah di gambar ini dan salin CNAME tersebut ke Notepad.
.
Gambar 3
Gambar: Menyalin CNAME Domain
.
Jika sudah, jangan di close dlu, kamu bisa buka tab baru lalu kamu bisa login di tempat dimana kamu membeli domain tadi, di sini saya membeli domain di Namecheap. Jika kamu yang menggunakan Namecheap kamu bisa klik Manage untuk mengatur DNS nya. Namun jika kalian menggunakan penyedia yang lain kamu bisa masuk ke DNS Management.
.
Gambar 4
Gambar: Manage Setting Domain
.
Apabila sudah kamu bisa klik bagian Advanced DNS
.
Gambar 5
Gambar: Advances DNS
.
Selanjutnya kamu bisa masukan CNAME yang sudah kamu salin di Notepad tadi. Kamu bisa klik Add New Record lalu pada Type kamu bisa isikan CNAME Record dan pada bagian Host kamu isi www lalu pada value ghs.google.com dan TTL kamu bisa buat Automatic
.
Dan kamu lakukan yang sama dengan memilih Add New Record dan isi CNAME selanjutnya yang sudah kamu salin tadi
.
Gambar 6
Klik Gambar 2X Untuk Memperbesar Tampilan
.
Nah jika sudah kita akan settings IP terlebih dahulu, agar bisa digunakan di blogspot.
Kamu bisa klik Add New Record lalu kamu pilih A Record lalu pada bagian IP address kamu bisa isi sesuai List di bawah ini dan TTL kamu buat automatic.

A Record
@
216.239.32.21
Automatic
A Record
@
216.239.34.21
Automatic
A Record
@
216.239.36.21
Automatic
A Record
@
216.239.38.21
Automatic
Jika kamu bingung kamu bisa lihat gambar di bawah ini
Gambar 7
Klik Gambar 2X Untuk Memperbesar
.
Apabila kamu menggunakan penyedia lain, settingannya pun sama saja, hanya saja bagian TTL kamu bisa isi 14400 ya.. Pabila sudah kamu bisa save semua dan kamu kembali ke Blogspotmu,. lalu kamu simpan domain yang ada di blogger.
.
Jika sudah kalian save maka akan berhasil seperti gambar di bawah ini:

Gambar 8
Gambar: Tampilan Sukses Setting Domain Blogspot
.
Bagaimana sangat mudah bukan untuk cara memasang domain TLD di blogspot, jadi buat kamu jangan bingung lagi ya untuk settings domain TLD ke blogspot. Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan tentang cara settings domain TLD ke Blogspot beserta pengertian domain. Semoga artikel yang saya sampaikan ini membantu ya dan semoga bermanfaat !

3 thoughts on “Cara Memasang Domain TLD Untuk Blogspot Dengan Benar

  1. Tutorial nya sangat bermanfaat bagi yang belum paham cara memasang domain TLD

  2. Ini info bermanfaat sekali, ngingetin saya dulu yang masih bingung custom domain, tutornya cocok untuk bisa custom domain secara mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.