Kekereb Rajahan Hindu Bali

by -651 Views

Redsobek.com – Kekereb Rajahan Hindu Bali merupakan sebuah karya seni sastra Hindu Bali yang berkekuatan Spiritual tingkat tinggi.

Kekereb adalah suatu karya sastra yang dituliskan dalam selembar kain, berisikan gabungan aksara rajahan dan gambar yang disesuaikan dengan penggunaan.

Kekereb Rajahan Hindu Bali

.

Kekereb biasanya digunakan untuk Ida Sesuhunan, sedangkan untuk manusia disebut dengan nama rurub atau rangkeb namun sama-sama memiliki kekuatan spiritual sehingga disakralkan.

Untuk memulai proses pembuatan, harus memilih hari baik atau duwasa seperti purnama, tilem, atau kajeng kliwon. Sarana yang digunakan pejati atau sesantun gede, dalam satu wadah terdapat empat daksina dan taksu.

Kemudian ritual memohon izin dan petunjuk kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam wujud Ida Sang Hyang Saraswati dan Ida Bhatara Ghana. Ida Hyang Saraswati sebagai pemilik aksara-aksara dan Ida Bhatara Ghana sebagai pemilik alat tulis dalam pembuatan kekereb.

Saat proses pembuatan kekereb telah selesai, maka akan dilakukan proses pasupati. Proses pasupati ini berguna untuk “menghidupkan” kekereb agar memiliki energi taksu. Seperti halnya dalam proses memulai pembuatan, proses pasupati juga perlu memilih hari baik.

Sarana yang digunakan adalah banten pengrampet pasupati dan sarana pelengkap lainnya. Sebagai karya seni yang disakralkan, kekereb ini tidak bisa ditaruh dan digunakan secara sembarang.

Jika suatu saat kekereb ini rusak dimakan usia, maka akan dilakukan upacara peleburan atau pralina dan mengganti dengan kekereb yang baru.

.

=> 11 ILMU SIHIRWALI WISESA

=> Ajian ‘Kereb Akasa’ Ilmu Leak Tingkat Tinggi

.
PEMBERSIHAN DIRI

Membersihkan diri dengan dedaunan, pahalanya seribu.
Membersihk4n diri dengan tanah, pahalanya seratus ribu.
Membersihkan diri dengan air, pahalanya satu juta.
Membersihkan diri dengan Bhasma (abu), pahalanya seratus juta.

Yang terakhir, Adalah pembersihan dengan ilmu pengetahuan, inilah yang paling utama di antara semua pembersihan itu, pahalanya tak terhingga.

Dia yang mempergunakan daun-daunan, tanah, air, bhasma, sebagai sarana pembersih, akan dikalahkan oleh dia yang mempergunakan sarana pembersih dengan ilmu pengetahuan.

Pembersihan diri dengan sarana pengetahuan yang paling utama di antara semua itu. Rahasia dari rahasia. Itu hendaknya engkau ketahui. Tujuan dari mengetahui hal ini adalah supaya sirna penderitaanmu.

(Lontar Bhuwanakoṣa 8.2-5)

Kekereb Rajahan Hindu Bali

Narasi: BK8Bali.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.