Kenapa Leak Berubah Wujud?

by -478 Views

Redsobek.com – Kenapa Leak Berubah Wujud?, dilihat dari arti Leak adalah perwujudan manusia menjadi sosok yang menyeramkan tetapi memiliki dua sisi sifat berbeda (baik dan buruk). Sifat baik biasanya disebut penekun ilmu tengen (kanan) dan sebaliknya ilmu leak jahat disebut dengan jalan kiri atau kiwa.

Kenapa Leak Berubah Wujud

Sebuah kitab bercorak Tantra memuat kisah unik tentang teknik Prayoga Sandhi Tantra dengan sangat inspiratif.

Diceritakan adalah seorang digjaya yang sungguh wicaksana bernama reshi Wipaleka, seorang pengamal jalan KIRI yang sungguh tersohor.

Banyak orang telah belajar dan mencapi puncak PEMBEBASAN berkat ajaran beliau, kemudian tersebutlah suatu ketika ada seorang pemuda GOPALA (pengembala kerbau) hendak berguru pula.


Namun gembala ini sungguh berbatas, selain GAGU, buta huruf, konon pemuda ini agak sedikit bodoh. Tetapi niat belajar membaca Gopala membuat Reshi terenyuh iba sehingga memutuskan untuk menerima sebagai murid.


Sebagai tahap awal Guru menyuruh membaca beberapa kitab suci rujukan,. tetapi pemuda itu justru menggeleng kepala seraya bertutur gagu bahwa ia buta aksara.

Reshi tertegun diam, seraya menembangkan beberapa sloka mantra Weda, agar dihafal oleh si murid, dan ternyata dia (Gopala) justru menyengir seraya menggeleng kepala tanda tidak mampu.


Berkat Wiweka yang tajam dan ke Wicaksanaannya, maka Reshi inipun tiada habis akal, kemudian dengan lembut bertanya kepada si Gopala, apa yang paling disukai, paling dicintai dalam hidupnya?

Dengan gagu dan menyengir dijawablah bahwa sosok yang paling disukai adalah GO (kerbau). Secepatnya Reshi memberikan petunjuk supaya pengembala segera masuk kedalam goa pertapaan dan melakukan perenungan, membayangkan objek GO (kerbau).

Dengan tersenyum girang pemuda gagu berlari memasuki Goa dan mulai merenungkan objek kesukaannya yaitu KERBAU.


Waktu berlalu dengan sangat cepat, minggu terlewati bulan pun berlalu, tanpa sedikitpun menyentuh makanan yang dipersiapkan Guru.

Kemudian tibalah waktunya Resi mengunjungi Goa pertapaan untuk melihat perkembangan si murid Dungu,. dari bibir goa dipanggilah nama muridnya berulangkali, namun tidaklah menyahut.

Pahamlah resi tersebut akan apa yang terjadi maka dipanggilah sekali lagi,. tetapi dengan kata GOOOOO (kerbau), sekali saja dengan lembut, dan ternyata dari balik goa mulai terdengar lenguhan kerbau, MBOOOOO… sangat keras sekali.

Lalu bukan hanya itu saja, dari balik kegelapan goa terlihatlah bahwa murid ini berjalan bukan hanya menggunakan kedua kaki,. namun juga dengan kedua tangan layaknya KERBAU, dengan tingkah polah tiada beda kerbau.


Guru tersenyum, seraya berkata, baiklah kita akan berlatih teknik selanjutnya….

=> 6 Cara Ngeleak Hindu Bali (Pemula)

=> Ajian ‘Kereb Akasa’ Ilmu Leak Tingkat Tinggi

Kenapa Leak Berubah Wujud


Jika dirunut, maka kisah Tantra ini boleh jadi diterapkan pula pada Ritus rahasia Tantra di Bali melalui praktik PANGIWA-PANGLEYAKAN.

Ciri khas praktik tantra adalah NYASA (penyatuan diri terhadap objek tertentu) sehingga memunculkan BHAWA (wujud, karakter) sebagai bagian UPASANA (pemujaan).

BHAWA inilah yang diidentikan dengan KEDADIAN LEYAK (perubahan dengan meniru wujud tertentu).

GAGENDU (mahluk gaib berwujud sapi) adalah salah satu Bhawa yang populer, begitu juga dengan BEBEK BENGIL, BOJOG, KULUK BENGIL.


Kesemua objek adalah binatang yang sangat dekat dengan keseharian manusia Bali,. sehingga sangat mudah menjadikan sebagai objek PRAYOGA SANDHI, tentunya sebagai latihan DASAR.

Setelahnya praktik dilanjutkan pada objek yang lebih tinggi sehingga memunculkan DIWYA BHAWA yaitu wujud karakter para DEWA.

Mengingat Praktik Tantra di Bali merujuk ke jalur PENGANGON I MEME (atribut Bhatari) maka sosok utama yang dijadikan BHAWA adalah berwujud BHATARI….Hyang Maha Agung BAHATARI DHURGA.

Demikianlah Kenapa Leak Berubah Wujud? disebabkan karena adanya penyatuan diri terhadap objek tertentu atau yang disebut Nyasa.

Narasi: Prayoga Sandhi Tantra

Foto: Pande Art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.