Lōkāḥ Samastāḥ Sukhinō Bhavantu

by -619 Views

Redsobek.comMantra Untuk mengendalikan ke-egois-an manusia. Mantra kekuatan untuk mengusir sifat keduniawian dan mulat sarira. Mantr4 ini sebagai penangkal kesombongan diri yang sudah terkena sifat atatayi (kegelapan duniawi). Mantra ini untuk kekuatan ketenangan jiwa jasmani rohani.

Oṃ, lōkāḥ samastāḥ sukhinō bhavantu
लोकाः समस्ताः सुखिनो भवन्तु

Artinya:

Oh Tuhan, semoga semua makhluk di dunia berbahagia. Semoga pikiran, perkataan serta tindakan ini untuk kebenaran itu“.

.

Lokah Samastah Sukhino Bhavantu dianggap sebagai mantra kekuatan, melantunkannya menjauhkan kita dari ‘aku’ pribadi kita, mengarahkan semua cinta dan kasih sayang kita kepada Alam Semesta.

Pada saat yang sama, mengingatkan kita bahwa sebagai bagian dari Semesta, kita memiliki kekuatan untuk mempengaruhinya dengan cara yang positif.

Lōkāḥ Samastāḥ Sukhinō Bhavantu

.

=> Kemana Roh/Atman Manusia Setelah Mati? (Karmaphala)

Frase paling dasar terdiri dari empat kata Sansekerta yang diyakini memiliki beberapa arti membangun narasi doa yang koheren :

Lokāh : Dunia.

Berarti tempat di mana kita semua berada sekarang. Namun ini bukan hanya tentang memfokuskan kesadaran kita pada luasnya Ruang yang berisi Alam Semesta yang tak terhitung jumlahnya. Di atas segalanya, ini adalah tentang kehadiran kita disini dan sekarang.

.

Samastāh : Makhluk.

Mengacu pada semua makhluk hidup yang dihubungkan oleh benang yang berasal dari Sumber. Begitulah cara kita meninggalkan semua ilusi pemisahan.

.

Sukhinō : Kebahagiaan.

Membawa kegembiraan dan kebahagiaan yang bisa kita alami jika saja kita bisa membebaskan diri dari penderitaan. Ia juga mengakui bahwa semua makhluk hidup memiliki hak yang sama atas kebebasan sehingga kebebasan kita sendiri tidak dapat membatasi kebebasan makhluk lain.

.

Bhavantu : Semoga begitu.

Seperti dalam makna kutipan mantra “Semoga semua makhluk di semua dunia bahagia”. Ini membuka jalan menuju Penerangan bagi semua makhluk hidup, memungkinkan jika saja kita bisa menyingkirkan semua penderitaan dan ilusi perpisahan. Kata ini juga mengandung janji. Ini adalah semacam panggilan yang dapat kita pahami sebagai: ‘Semoga semua terjadi!’.

Demikian hebatnya kekuatan mantra Lōkāḥ Samastāḥ Sukhinō Bhavantu ini semoga bisa dilantunkan setiap hari dalam puja kramaning sembah. rahayu!.

Narasi: BK8bali.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.