Natak Tiis Tradisi Bali Asli

by -414 Views

Redsobek.comNatak Tiis adalah tradisi bali asli yang berkembang dari generasi ke generasi. Setiap Umat Hindu khususnya di Pulau Bali pastinya mengetahui tradisi unik ini.

.

Biasanya acara natak tiis ini diselenggarakan setelah upacara ngaben selesai (setelah mererebu). Natak tiis disini seperti upacara potong gigi, pengantenan (nganten) atau potong bok.

.

Setelah ngaben ada upacara mererebu yang biasanya diselenggarakan secara umum 12 hari setelah ngaben. Tetapi dibanyak dewasa (hari baik Hindu Bali) ada juga yang mengambil 5-7 hari untuk prosesi natak tiisnya.

.

Upacara natak tiis ini diselenggarakan berdasarkan kemampuan finansial, sesuai dengan perjanjian dan kesepakatan antar keluarga yang akan melakukan natak tiis ini.

.

Ngaben pun di Bali ada dua versi yakni ngaben pribadi atau ngaben massal (yang terdiri dari beberapa keluarga). Setelah acara ngaben selesai inilah upacara natak tiis ini diselenggarakan.

Natak Tiis Tradisi Bali Asli

Filosofi Natak Tiis

Kajian dan keyakinan dari prosesi ini bertujuan untuk menselaraskan dan keberlangsungan yang tertatur dari sebuah prosesi acara upakara adat di Bali. Sebagai bagian dari alur yang benar agar tidak saling mendahulukan.

.

Ibarat proses “mandi“, kita tidak mungkin memakai sampho dahulu sebelum membasahi rambut, atau tidak mungkin makan dahulu sebelum memasak.

.

Demikian pula dengan proses Natak Tiis ini agar saling berurutan antara proses pitra Yadnya dan Manusia yadnya. Bersihkanlah dahulu pitara-pitara atau leluhur kita agar bersih, suci dan meningkat atmannya, barulah kita melakukan Natak Tiis.

.

Semoga informasi Natak Tiis Tradisi Bali Asli ini bermanfaat bagi semeton Hindu. Rahayu!

Narasi: WBest1.Com dan BK8bali.com

Foto: Redsobek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.