Sejarah Pulau Nusa Penida

by -184 Views

Redsobek – Sejarah Pulau Nusa Penida ini ditulis dengan singkat padat dan jelas, bersumber dari berbagai informasi media sosial dan diulas kembali pada website Redsobek ini.

Dengan tujuan agar sejarah terciptanya nama Nusa Penida tidak dilupakan oleh generasi ke generasi.

Nusa Penida berada di sebelah tenggara Bali, yang dipisahkan oleh selat Badung, merupakan salah satu kabupaten di Bali yaitu kabupaten Kelungkung.

Pulau-pulau disekitar Nusa Penida yakni nusa ceningan dan nusa lembongan.

….

Sejarah Pulau Nusa Penida
Nusa Penida di Bali dimulai pada abad ke-10. Tulisan-tulisan paling awal tentang Nusa Penida memang telah ditemukan di Pilar Belanjong, yang berasal dari tahun 914 M.

Pilar ini memuat prasasti yang menyebutkan ekspedisi militer Raja Bali pertama, Sri Kesari Warmadewa, menaklukan Nusa Penida.

Kisah Pulau Nusa Penida
Nusa Penida Island


Legenda Rakyat Nusa Penida
Alkisah pada tahun Saka 50, Ida Bhatara Siwa bersama sakti Dewi Uma istri beliau tedun (turun) ke bumi beserta para pengikut Beliau seperti Tri Purusa, Catur Lokha Pala dan Asta Gangga.


Turun disebuah Gunung yang sekarang Gunung tersebut bernama Gunung Mundhi.

Di Gunung Mundhi inilah Ida Bhatara Siwa dan Sakti Ida Dewi Uma menjelma dari Meraga (be-Raga) Dewata menjadi manusia.


Bhatara Siwa dan Dewi Parwati
Selain turun di puncak Gunung Mundhi, Ida Bhatara Siwa juga turun di sebuah tempat pada tahun Saka 55, yang sekarang bernama Tunjuk Pusuh.


Namun Dewi Kwan Im lebih dahulu turun pada tahun Saka 45 ber-stana di sebuah goa. Lalu Dewi Parwati menyusul turun ke bumi pada tahun Saka 60.


Sekarang tempat tersebut bernama Goa Giri Putri yang menjadi Pusering Jagat sedangkan Dewi Parwati yang bergelar Bhatari Hyang Giri Putri sebagai penjaga tirta yang ada di dalam Goa Giri Putri.


Selain beristana di Pura Goa Giri Putri dan Pura Tunjuk Pusuh mereka juga yang beristana di pura Batu Medau.


Baca juga: ke-AKU-an (Ego Manusia)
….

Dukuh Jempungan
Ida Bhatara Siwa menjelma menjadi seorang laki-laki, menjadi seorang Pandita (pendeta) yang bergelar Dukuh Jumpungan. Dari penjelmaan inilah daratan gunung mundi menjadi cikal bakal nama Nusa Penida.


Ida Bhatara Siwa
Nama sebenarnya Nusa Penida adalah Manusa Pandita,

manusa adalah seorang/manusia yang bernama Jumpungan, dan

Dukuh adalah Seorang Pandita/pendeta.


Kata dukuh dalam Kamus Jawa Kuno oleh Zoetmulder (1994:233) berarti pertapaan di hutan, bertempat tinggal di hutan dan dalam Kamus Bahasa Bali (Simpen, 1985:59) kata dukuh artinya wang mdwijati, adan soroh dukuh.


Manusa Pandita
Dari kata “Manusa Pandita” inilah lama-kelamaan orang-orang disana menyebut dan berubah menjadi “Nusa Penida”.

Mungkin banyak versi asal mula nama Nusa Penida dari berbagai media informasi, tetua atau sejarah aslinya. Kami disini hanya memberikan ulasan singkat dan semoga bermanfaat.

….

Sumber: Infobudayabali

Foto: IG: Hidwii

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.