Tuhan Ada Dimana-mana

by -303 Views

Redsobek.com – Tuhan Ada Dimana-mana. Dalam kutipan mantram kebesaran Tuhan seperti berikut:

Wyapi wyapaka sarining paramatatwa durlabha kita, icchanta ng hana tan hana ganalalit lawan halahayu, utpatti sthitit linaning dadhi kitata karananika, sang sangkan paraning sarat sakala niskalatmaka kita“.

Artinya:

Engkau berada di mana-mana intisari dari kebenaran mutlak dan gaib, karunia-Mu menciptakan, dan melebur segala yang ada besar maupun kecil dan baik buruknya. Lahir hidup matinya segala mahluk Engkaulah sumbernya. Engkau merupakan sumber serta tujuan isi dunia nyata dan gaib wujudMu.

Tuhan Ada Dimana-mana

Dalam agama Hindu, konsep panteisme disebut dengan istilah Wyapi Wyapaka. Kitab Upanishad dari Agama Hindu mengatakan bahwa Tuhan memenuhi alam semesta tanpa wujud tertentu, beliau tidak berada di sorga ataupun di dunia tertinggi namun berada pada setiap ciptaannya.

Di dalam Kitab Bhuwana Kosa disebutkan sebagai berikut:

Bhatara Ciwa sira wyapaka sira suksma tan keneng angen-angen kadiang ganing akasa tan kagrahita dening manah muang indriya”.

Artinya:

Tuhan (Ciwa), Dia ada di mana-mana, gaib, sulit dibayangkan, bagaikan angkasa (ether), dia tak dapat ditangkap oleh akal maupun panca indriya. Walaupun amat gaib, tetapi Tuhan hadir dimana-mana. Beliau bersifat wyapi-wyapaka, meresapi segalanya. Tiada suatu tempatpun yang Beliau tiada tempati. Beliau ada disini dan berada disana, Tuhan memenuhi jagat raya ini.

Demikianlah Tuhan Ada Dimana-mana dalam semua bentuk dan semua keadaan di alam semesta ini.

=> Tuhan Punya 5 Tempat, Dimanakah Tuhan Sekarang?

=> Cara Melihat Tuhan Itu Ada Disini

Dalam hal material disebutkan dengan istilah DURLABHANING ARTHA artinya, sulitnya mendapatkan uang yang benar dan mencukupi kebutuhan yang wajib dibiayai dengan uang tersebut.

Lebih-lebih dalam kehidupan modern, kebutuhan masyarakat memiliki uang untuk menyelenggarakan hidupnya sungguh tidak mudah.

Tuhan melarang kepada umatnya memperoleh tiga jenis uang di dunia ini yaitu :

  1. Anyaya Artha adalah uang hasil kekerasan atau maling/merampok/begal.
  2. Apari Klesa Artha yaitu uang hasil penggelapan atau korupsi.
  3. Artha Saking Kasembahing Satru yaitu uang hasil sogokan lawan (suap menyuap).

.

=> Penyebab Manusia Tidak Bisa Melihat Dewa (Tuhan) ?

=> Perjalanan Roh/Atman “Salah Pati”

Tuhan juga melihat rasa iri hati seorang manusia seperti memiliki usaha sepi, pekarangan usaha ditebar tanah kuburan. Susah melihat orang senang, dan senang melihat orang susah.

Sifat Tuhan itu adil dan selalu memberikan kebijaksanaan kepada semua mahluk.

Semua yang dilakukan, ditakdirkan dan diciptakan oleh Tuhan merupakan kodrat yang sudah memiliki jalan masing-masing. Jadi manusia hendaknya cukup bersyukur saja. Rahayu!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.